Tak Punya Uang, Juara Piala Suratin 2016 Tak Ikut Kompetisi Tahun Ini

Rabu, 5 April 2017 15:21 WIB
Kontributor: Ghozi El Fitra | Editor: Tengku Sufiyanto
© Beny Rahardjo/INDOSPORT
Persab Brebes Junior saat menjuarai Piala Suratin 2016. Copyright: © Beny Rahardjo/INDOSPORT
Persab Brebes Junior saat menjuarai Piala Suratin 2016.

Nasib nahas harus dialami juara Piala Suratin 2016, Persab Brebes Junior. Persab Junior tidak bisa ikut ambil bagian di kompetisi Piala Suratin 2017. Pasalnya, Persab Junior tidak memiliki dana untuk mengarungi kompetisi Piala Suratin 2017.

Ketua Asosiasi Provinsi (Asprov) Persatuan Sepakbola Seluruh Indonesia (PSSI) Jawa Tengah, Johar Lin Eng membenarkan hal tersebut. Beberapa waktu yang lalu manajemen Persab Junior sudah bertemu dengannya untuk membahas masalah tersebut. Kalau itu, dirinya tetap mendorong agar juara bertahan itu tetap ikut ambil bagian dalam kompetisi tahun ini.

"Kemarin saya mendorong untuk tetap tampil di Piala Suratin, namun keputusan utama tetap berada di pihak manajemen," ujarnya.

Johar mengatakan, keterbatasan dan ketiadaan anggaran sebenarnya merupakan masalah klasik yang dialami oleh tim Liga Indonesia. Banyak tim yang usai menjuarai kompetisi langsung bangkrut atau minim pendanaan, sehingga vakum dan tidak bisa mengikuti kompetisi di musim berikutnya.

image article indosportPersab Brebes Junior saat menjuarai Piala Suratin 2016.

"Masalah seperti ini adanya menjadi pelajaran bagi tim-tim lain yang ada di Indonesia. Jangan sampai nantinya masalah serupa kembali terulang di kemudian hari," katanya.

Persab Brebes Junior berhasil menjuarai Piala Suratin tahun 2016 usai mengalahkan Asosiasi Kota (Askot) PSSI Balikpapan 4-1, pada laga final di Stadion Manahan, Kota Solo. Raihan Juara tersebut merupakan prestasi yang terbesar yang pernah dimiliki oleh tim asal pesisir pulau Jawa itu. 

Pemain-pemain Persab Junior langsung mendapat tawaran pemanggilan seleksi Timnas Indonesia U-19. Salah satu bintangnya kini semakin dekat bisa membela Skuat Garuda Muda, yakni Egy Maulana Vikri.

6