Terbentur Regulasi PSSI, Bomber Argentina Tekuni Dunia Kepelatihan

Kamis, 6 April 2017 23:53 WIB
Kontributor: Ghozi El Fitra | Editor: Ahmad Priobudiyono
© Ghozi El Fitra/INDOSPORT
Pesepakbola yang bermain di Indonesia, Carlos Raul Sciucatti. Copyright: © Ghozi El Fitra/INDOSPORT
Pesepakbola yang bermain di Indonesia, Carlos Raul Sciucatti.

Pesepakbola asal Argentina yang bermain di Indonesia, Carlos Raul Sciucatti kini mulai menekuni dunia kepelatihan. Hal itu dilakukan karena dia tertarik untuk melatih talenta muda asal Indonesia, Kamis (06/04/17).

Pria yang akrab disapa Charlie ini mengatakan regulasi yang ditetapkan oleh PSSI untuk Liga 1 dan Liga 2 membuat ia tidak bisa bermain di Indonesia. Maka dari itu saat ini pihaknya mulai menekuni dunia kepelatihan.

"Sebenarnya saya tidak gantung sepatu, namun karena regulasi di Indonesia berubah, maka mayoritas tim yang mencari pemain asing baru," ucap pria yang juga menjadi Direktur Teknik Persijap Jepara itu.

Ia tertarik menekuni dunia kepelatihan di Indonesia karena berbagai hal. Salah satunya untuk mengajarkan hal yang baru kepada bibit-bibit muda yang ada di Indonesia. Menurutnya, selama ini banyak bibit muda Indonesia yang belum tertangani dengan baik.

© Ghozi El Fitra/INDOSPORT
Pesepakbola yang bermain di Indonesia, Carlos Raul Sciucatti. Copyright: Ghozi El Fitra/INDOSPORTPesepakbola yang bermain di Indonesia, Carlos Raul Sciucatti mulai tekuni dunia kepelatihan.

Dengan menjadi pelatih, Sciucatti berharap bisa memberikan pelatihan berupa taktik, teknik, fisik, dan juga psikologis bagi para bibit muda. Tidak hanya itu saja dia juga akan mengajarkan tentang formasi bagi para pemain muda.

Selama ini banyak pemain yang tidak memiliki bekal itu. Hal itu sangat terlihat ketika mereka bermain di level sepakbola di level profesional.

"Kalau benar-benar sudah pensiun, nantinya saya ingin menjadi pelatih yang bisa mengajari itu bagi pemain di Indonesia," imbuh pria yang kini mendapatkan Lisensi Kepelatihan C AFC tersebut.

Sementara itu istri Charli, Esti Puji Lestari mendukung penuh Apa yang dilakukan oleh suaminya tersebut. Namun Ia memiliki keinginan agar suaminya itu nantinya menjadi pekerja sosial dengan melatih anak-anak berbakat dari berbagai daerah yang ada di Indonesia. 

Apalagi mantan pemain Pemain Mitra Kukar itu juga dikenal dekat dengan anak-anak. "Saya ingin beliau turun ke akar rumput untuk melatih anak-anak muda berbakat di Indonesia," ucap dara cantik yang juga Bos Persijap Jepara itu.

639