Penyebab Indra Sjafri Tak Hadir di Latihan Timnas U-19 Hari Ini

Senin, 24 April 2017 19:20 WIB
Penulis: Lanjar Wiratri | Editor: Tengku Sufiyanto
© Herry Ibrahim/Indosport
Pelatih Timnas Indonesia U-19, Indra Sjafri saat memimpin anak-anak asuhannya berlatih pada beberapa waktu lalu. Copyright: © Herry Ibrahim/Indosport
Pelatih Timnas Indonesia U-19, Indra Sjafri saat memimpin anak-anak asuhannya berlatih pada beberapa waktu lalu.

Pelatih Tim Nasional (Timnas) Indonesia U-19, Indra Sjafri, tidak menemani anak-anak asuhnya saat menggelar latihan rutin di Lapangan Atang Soetrisna, Cijantung, Jakarta Timur, Senin (24/04/17). Meski begitu, agenda latihan rutin Skuat Garuda Muda tetap berlangsung.

Indra Sjafri sendiri tidak bisa memimpin latihan Timnas U-19, lantaran sedang mengikuti MA Coaching Instructors Course 2017 atau kursus instruktur pelatih yang digelar Persatuan Sepakbola Seluruh Indonesia (PSSI) di National Youth Training Centre (NYTC), Sawangan, Depok.

Kursus kepelatihan tersebut rencananya akan dimulai hingga tanggal 5 Mei 2017 mendatang. Jadi kemungkinan hampir dua minggu Indra Sjafri akan absen mendampingi Timnas U-19.

"Sore ada latihan Timnas U-19 di Cijantung, tapi saya ada acara jadi tidak bisa datang," ujar Indra Sjafri.

© Lanjar Wiratri/Indosport
Latihan Timnas U19 tanpa Indra Sjafri Copyright: Lanjar Wiratri/IndosportLatihan Timnas U19 tanpa Indra Sjafri.

Tanpa kehadiran Indra Sjafri, Timnas U-19 menjalani latihan sore ini dengan dipimpin asisten pelatih Miftahudin. Miftahudin mengungkapkan, jika program latihan tetap berlangsung seperti biasanya meski tanpa kehadiran Indra Sjafri.

"Pertama-tama saya mewakili coach Indra yang tengah ada kursus instruktur untuk kemajuan sepakbola kita. Coach Indra sangat concern sekali. Kondisi fisik pemain saat ini banyak peningkatan yang awalnya dari yang VO2max-nya 50. Sekarang sudah 55, bahkan ada yang mendekati 64. Artinya progres yang bagus," ujar Miftahudin.

VO2 Max sendiri merupakan indikator kebugaran pemain berdasarkan kemampuan daya serap tubuh terhadap oksigen. Angka ideal yang menunjukkan kondisi kebugaran pemain muda Timnas U-19 adalah di atas 60.  

168