Kontroversi Gol Pertama Ronaldo, Offside atau Tidak?

Rabu, 3 Mei 2017 14:57 WIB
Editor: Cosmas Bayu Agung Sadhewo
© Marca
Posisi Ronaldo (putih kanan) yang terlihat offside. Copyright: © Marca
Posisi Ronaldo (putih kanan) yang terlihat offside.

Euforia kemenangan telak Real Madrid atas tamunya, Atletico Madrid, di Santiago Bernabeu menghasilkan perdebatan yang cukup panas di media sosial Twitter. Adalah gol pertama sang megabintang Ronaldo, yang dianggap oleh beberapa pihak sebagai sebuah offside.

Seperti yang kita ketahui, Cristiano Ronaldo di laga tersebut mencetak hattrick kala Los Blancos meluluhlantakkan Los Rojiblancos dengan skor 3-0. Namun ternyata, gol pertama yang dibuatnya menuai banyak kontroversi.

Berikut gol pertama Ronaldo:

Berawal dari umpan silang lambung yang dilakukan oleh Sergio Ramos dari sisi kiri pertahanan lawan. Di momen tersebut, tampak jelas Ronaldo berada di posisi offside. Bola sejatinya melambung tinggi dan mengarah kepadanya, namun berhasil dihalau oleh bek Atletico, Stefan Savic.

Setelahnya, bola hasil muntahan Savic mengarah ke Casemiro, yang kemudian melakukan operan ke Ronaldo, lagi, dan terciptalah gol pertama untuk kubu Los Blancos. Para pemain Atletico Madrid pun melakukan protes kepada sang pengadil lapangan, Martin Atkinson, pasca babak pertama usai seperti dikutip AS.

Tidak hanya para pemain Atletico, protes pun datang dari mantan pemain Liverpool dan Newcastle United, Dietmar Hamann. Pria asal Jerman itu berkomentar sang megabintang seharusnya terkena offside, namun hakim garis tidak mengangkat bendera tersebut.

Sedangkan cendekiawan Marca, Andujar Oliver menyatakan bahwa gol pertama yang dilesakkan oleh Ronaldo bukanlah sebuah offside. Benar adanya, bila sang megabintang berada di posisi offside pasca Ramos melakukan umpan lambung, akan tetapi bola tersebut tak sampai pada dirinya karena berhasil dihalau oleh Savic.

© FIFA
Caption Copyright: FIFAPeraturan FIFA perihal offside.

Ditilik dari peraturan FIFA tentang peraturan offside, posisi Ronaldo tidak dalam keadaan menyentuh bola dan tidak mengganggu akan jalannya pertandingan tersebut, ketika dirinya berada di posisi mendahului para pemain belakang Atletico. Hal inilah yang membuat hakim garis tidak mengangkat bendera pertanda offside.

Di balik akan polemik gol pertama Ronaldo yang menuai pro dan kontra, Real Madrid sendiri masih menyisakan 1 laga tandang wajib ke Vicente Calderon, markas Atletico Madrid, pada Kamis (11/05/17) dini hari WIB mendatang.

2.5K