Terlibat Korupsi dan Money Laundry, Neymar Akan Dipidanakan

Jumat, 5 Mei 2017 03:28 WIB
Editor: Gregah Nurikhsani Estuning
© SKY
Neymar. Copyright: © SKY
Neymar.

Bintang Barcelona dan Brasil, Neymar, akan menjalani sidang setelah didakwa melakukan tindakan kriminal. Ia dan orang tuanya terlibat korupsi dan penggelapan uang.

Pemain bernama lengkap Neymar da Silva Santos Junior itu dituduh sengaja bungkam perihal berapa sesungguhnya nilai transfer atas dirinya saat hijrah ke Barcelona bulan Juni tahun 2013 silam. Kala itu, manajemen Blaugrana mengungkap jika pihaknya mengeluarkan dana sebesar 48,4 juga pounds, di mana 33,9 juta pounds di antaranya diberikan kepada keluarganya.

© David Ramos/Getty Images
Penyerang Barcelona, Neymar Jr saat menerima kartu merah melawan Malaga dalam pertandingan La Liga Spanyol 2016/17 pekan ke-31, (09/04/17). Copyright: David Ramos/Getty ImagesPenyerang Barcelona, Neymar Jr saat menerima kartu merah melawan Malaga dalam pertandingan La Liga Spanyol 2016/17 pekan ke-31, (09/04/17).

Yang menjadi masalah adalah ketika otoritas terkait di Spanyol menyebutkan bahwa nilai transfer yang sebenarnya adalah 70,3 juta pounds. Barca sengaja berbohong kepada publik agar tidak mendapatkan pajak berlebih dari proses transfer tersebut.

Selain Neymar dan kedua orangtuanya, presiden klub, Josep Maria Bartomeu dan anak buahnya, Sandro Rosell bakal diperiksa juga. Lalu manajemen Barca dan Santos juga tak ketinggalan akan dimintai keterangan.

Jika terbukti bersalah, Neymar terancam denda yang jumlahnya sangat besar. Selain itu, kariernya yang tengah moncer dipastikan terhambat karena ancaman penjara juga sudah menanti.

653