Emirates Stadium-nya Indonesia Tak Lolos Verifikasi

Selasa, 16 Mei 2017 20:37 WIB
Kontributor: Teddy Rumengan | Editor: Gregah Nurikhsani Estuning
© Teddy Rumengan/Indosport
Stadion Batakan Balikpapan. Copyright: © Teddy Rumengan/Indosport
Stadion Batakan Balikpapan.

PT Liga Indonesia Baru (LIB) selaku operator kompetisi Gojek Traveloka Liga 1 2017 memastikan stadion Batakan tidak lolos verifikasi. Ada banyak faktor yang menjadi pertimbangan, namun yang jelas, Persiba Balikpapan bakal kembali mencari alternatif stadion lain.

Hal itu disampaikan Departemen Kompetisi PT LIB, Somad usai melakukan verifikasi, Selasa (16/05/17) siang. Bahkan stadion yang dijuluki Emirates Stadium-nya Indonesia itu tak hanya 'haram' menggelar kompetisi nasional, tapi juga pertandingan internasional.

© Teddy Rumengan/INDOSPORT
Stadion Batakan Copyright: Teddy Rumengan/INDOSPORTStadion Batakan.

“Memang belum bisa (dipakai), masih banyak yang harus dibenahi. Karena stadion ini baru, mungkin ada beberapa yang harus diperhatikan,” ujar Somad.

Menurutnya, ada beberapa hal yang membuat stadion yang menelan anggaran lebih dari Rp 1,3 triliun itu tak lolos verifikasi. Salah satunya adalah akses jalan masuk stadion yang dianggap tidak sesuai dengan peraturan dari PT LIB.

“Ya jangan sampai macet, menganggu pemain masuk stadion terus pertandingan menjadi molor, akses jalan ini menjadi penting, karena akses jalan terputus,” ujar Somad.

Lalu lanjut dia, lahan parkir juga tidak sebanding dengan kapasitas stadion yang mencapai 46 ribu penonton. Sementara lahan parkir yang saat ini hanya terbatas.

“Ya memang harus disesuaikan, karena kan kapasitasnya sampai 46 ribu penonton, kalau dilihat belum cukup, harus diperhatikan juga,” ujarnya.

Kemudian lanjutnya, lapangan juga ada beberapa hal yang harus dibenahi, khususnya menyangkut garis lapangan yang belum sesuai. Tak hanya itu saja, fasilitas pendukung lainnya juga kurang memadai.

“Garis lapangan misalnya untuk tendangan pinalti belum sesuai, juga diameter tiang gawang harusnya 12 cm yang kita temukan itu 14 cm. Penambahan untuk fasilitas penunjang saja, misalnya kursi dan meja. Begitu juga di ruang wasit harus ada dua shower,” ujarnya.

Sementara ketika ditanya apakah akan melakukan verifikasi stadion Parikesit, Somad menegaskan, tugasnya hanya melakukan verifikasi stadion Batakan.

“Saya ditugaskan di stadion batakan ini untuk melihat kondisi stadion melakukan verifikasi apa saja, itu saja,” pungkasnya.

Dengan begini, Persiba Balikpapan masih harus mencari alternatif lain sebagai kandang musim ini. Manajemen tim berjuluk Beruang Madu itu sebelumnya sudah berusaha mendapatkan stadion, namun belum menemukan yang representatif.

2.9K