Liga 1 Indonesia

Ditinggal Bek Andalan, Persiba Krisis Pemain Belakang Saat Jamu Persipura

Jumat, 19 Mei 2017 12:24 WIB
Kontributor: Teddy Rumengan | Editor: Rizky Pratama Putra
© Ian Setiawan/INDOSPORT
Skuat Persiba Balikpapan. Copyright: © Ian Setiawan/INDOSPORT
Skuat Persiba Balikpapan.

Persiba Balikpapan dipastikan akan tampil pincang saat menjamu Persipura Jayapura di pekan ketujuh Gojek Traveloka Liga 1, di Stadion Gajayana, Malang, Senin (22/05/17). Pasalnya tim kebanggaan masyarakat Kota Balikpapan itu dipastikan tidak akan diperkuat bek Tim Nasional Liberia, Dirkir Khon Glay.

Dirkir bakal absen lantaran akumulasi kartu. Terakhir Dirkir mendapat kartu kuning saat menghadapi Gresik United.

Kehilangan mantan pemain Borneo FC itu menjadi pukulan telak bagi Beruang Madu. Dirkir selama ini menjadi andalan di lini belakang Persiba.

© INTERNET
Aksi pemain asing Persiba Balikpapan, Dirkir Khon Glay saat merebut bola dari Cristian Gonzáles. Copyright: INTERNETAksi pemain asing Persiba Balikpapan, Dirkir Khon Glay saat merebut bola dari Cristian Gonzáles.

Apalagi Beruang Madu dipastikan juga tidak akan diperkuat marquee player, Anmar Al Mubaraki. Mantan pemain Tim Nasional Irak itu mengalami cedera hamstring, sehingga butuh waktu lama untuk pulih.

Jajaran pelatih Persiba pun harus memutar otak menyiapkan pengganti Dirkir. Sementara dalam skuat Persiba hanya ada dua pemain berpengalaman di posisi libero, yakni Absor Fauzi dan Yudi Khoiruddin.

“Ya memang kita hanya punya dua pemain pengalaman Absor dan Yudi, tapi nanti kita lihat,” ujar Hariyadi.

Kemungkinan, satu dari dua pemain itu akan mendamping Ardi Yanuar. Pemain muda Persiba ini yang dalam tiga pertandingan terakhir selalu mendamping Dirkir di jantung pertahanan.

Hanya saja, mantan pelatih Diklat Salatiga itu belum mau membeberkan siapa yang akan menggantikan posisi Dirkir. Karena masih akan melihat kondisi terakhir pemain sebelum pertandingan.

© Teddy Rumengan/INDOSPORT
Skuat Persiba Balikpapan dalam sesi latihan jelang menjamu Sriwijaya FC di Stadion Gajayana, Malang. Copyright: Teddy Rumengan/INDOSPORTSkuat Persiba Balikpapan tengah dihadang krisis pemain jelang hadapi Persipura Jayapura.

Selain Dirkir dan Anmar, penyerang muda Rofanda Faria juga diragukan bisa tampil. Mantan pemain PON Kaltim itu memang sudah absen dalam empat pertandingan terakhir karena cedera.

Pemain yang bisa menempati sayap itu masih akan dilihat kondisi terakhirnya sebelum pertandingan. Namun kabar mengembirakan, pulihnya bek kanan Alfath Fathier, setelah sebelumnya absen.

Begitupun gelandang jangkar Robi Kriswanto juga kondisinya semakin baik. Sehingga Persiba memiliki banyak opsi untuk pemain di lini tengah maupun sayap.

“Kalau Rovanda kita akan lihat kondisi terakhir dia bagaimana. Tapi kalau Alfath sudah oke. Kalau Robi sudah bagus kondisinya,” pungkasnya.