'The Invincible Man' Itu Bernama Kolo Toure

Selasa, 23 Mei 2017 04:04 WIB
Editor: Yohanes Ishak
© SkySports
Bek tengah Glasgow Celtic, Kolo Toure. Copyright: © SkySports
Bek tengah Glasgow Celtic, Kolo Toure.

Kolo Toure mengikuti jejak mantan pelatihnya di Liverpool Brendan Rodgers yang kini melatih Glasgow Celtic kompetisi sepakbola tertinggi Skotlandia.

Bersama Celtic, pemain asal Pantai Gading ini hanya dikontrak selama satu tahun, tetapi ia juga memiliki kontribusi yang maksimal untuk timnya tersebut.

Bagaimana tidak? Kakak dari Yaya Toure ini turut membantu Celtic mencatatkan rekor tak terkalahkan di musim 2016/17 ini.

© Matthew Ashton - AMA/Getty Images
Bek tengah Glasgow Celtic, Kolo Toure. Copyright: Matthew Ashton - AMA/Getty ImagesBek tengah Glasgow Celtic, Kolo Toure.

Glasgow Celtic berhasil menjadi juara Liga Premiership Skotlandia 2016/17 dengan mencatatkan 106 poin dalam 38 pertandingan.

Selama satu musim, Celtic berhasil mencatatkan 34 kemenangan, 4 seri, dan minus kekalahan. Sebuah prestasi yang luar biasa tentunya bagi anak-anak asuh Brendan Rodgers tersebut.

Di sisi lain, ada hal menarik yang tak dapat dilupakan. Yaitu, salah satu pemain mereka, Kolo Toure berhasil mencatatkan menjadi juara tanpa merasakan kekalahan bersama dua klub yang berbeda atau dikenal dengan nama The Invincible.

Sebelum juara bersama Celtic, Toure juga merasakan juara tanpa terkalahkan bersama Arsenal di musim 2003/04 lalu.

© David Price/Arsenal FC via Getty Images
Kolo Toure saat masih memperkuat Arsenal. Copyright: David Price/Arsenal FC via Getty ImagesKolo Toure saat masih memperkuat Arsenal.

Kala itu, Arsenal meraih 90 poin dalam 38 pertandingan dengan rincian 26 kali menang, 12 kali imbang, dan belum pernah kalah.

Dapat dikatakan, Kolo Toure menjadi pesepakbola pertama yang mencatatkan The Invincible sebanyak dua kali dalam kurun waktu 13 tahun.

Pastinya, prestasi ini tidak akan pernah dilupakan oleh bek tengah berusia 36 tahun itu di sepanjang hidupnya. Well, selamat untuk Kolo Toure!

49