Pekerjaan Baru Kiatisuk Senamuang Usai Undur Diri dari Pelatih Thailand

Jumat, 26 Mei 2017 09:23 WIB
Editor: Tengku Sufiyanto
© affsuzukicup
Kiatisuk Senamuang. Copyright: © affsuzukicup
Kiatisuk Senamuang.

Kiatisuk Senamuang memang sudah lama telah resmi mengundurkan diri dari jabatan sebagai pelatih Tim Nasional (Timnas) Thailand pada 31 Maret 2017 lalu. Kini, pria berumur 43 tahun itu memiliki pekerjaan baru.

Dikutip dari Bangkok Post, ia ditunjuk menjadi duta salah satu organisasi di bawah naungan Persatuan Bangsa-Bangsa (PBB) yang bergerak dalam bidang menyelamatkan nyawa dan mempromosikan kesejahteraan anak di seluruh dunia, Unicef. Kiatisuk menjabat duta Friend of Unicef.

Kiatisuk tidak sendirian, dirinya ditemani tiga selebriti Thailand,  yakni artis Davika 'Mai' Hoorne dan Vanessa 'Noodee' Race, serta aktor sekaligus penyanyi Pachara 'Peach' Chirathivat, yang juga menjabat duta Friend of Unicef.

© fathailand.org
Kiatisuk Senamuang pelatih dan tim Thailand Copyright: fathailand.orgKiatisuk Senamuang saat menjadi pelatih Timnas Thailand.

Kiatisuk Senamuang merasa bangga dan siap untuk membantu anak-anak melalui status barunya di Unicef. Ini merupakan pekerjaan baru pelatih kelahiran 11 Agustus 1973, di luar mengelola yayasan dan perusahaan yang didirikannya, yakni Zico Foundation dan Sporthero.

Duta Friend of Unicef merupakan jabatan baru Kiatisuk di luar lapangan hijau. Sebelumnya, ia dikenal sebagai pesepakbola dan pelatih yang sukses bersama Timnas Thailand.

Ia pernah mengantarkan Timnas Thailand menjuarai Piala AFF 1996, 2000, dan 2002, serta empat medali emas SEA Games (1993, 1995, 1997, dan 1999) saat menjadi pemain. Ia juga sukses mengantarkan The War Elephants menjadi juara Piala AFF 2014 dan 2016, serta medali emas SEA Games 2013 semasa menjadi pelatih.

200