Liga 1

Pemkot Balikpapan Kucurkan Rp10 Miliar untuk Penyelesaian Stadion Batakan

Sabtu, 27 Mei 2017 09:46 WIB
Kontributor: Teddy Rumengan | Editor: Gregah Nurikhsani Estuning
© Teddy Rumengan/INDOSPORT
Stadion Batakan. Copyright: © Teddy Rumengan/INDOSPORT
Stadion Batakan.

Pemerintah Kota Balikpapan bersama DPRD kucurkan dana tak kurang dari Rp10 miliar untuk menyegerakan penyelesaian Stadion Batakan. Ini dilakukan agar Persiba Balikpapan bisa menggunakan stadion tersebut sebagai homebase mulai bulan Juli mendatang di Gojek Traveloka Liga 1 Indonesia 2017.

Selain itu, Persiba dan Pemkot Balikpapan tengah dikejar tenggat waktu dengan Pertamina. Sebab, pihak Pertamina hanya meminjamkan Stadion Parikesit selama bulan Juni ini, atau dengan kata lain, tinggal dua laga kandang saja, yakni melawan Borneo FC dan Bhayangkara FC.

Sebelumnya disebutkan jika PT Liga Indonesia Baru (LIB) memperbolehkan Stadion Batakan untuk menggelar pertandingan resmi Liga 1 apabila pihak pengelola stadion sudah menyelesaikan sejumlah aspek usai verifikasi dilakukan beberapa pekan lalu. Setelah mengetahui aspek yang dimaksud, Pemkot Balikpapan langsung tancap gas.

Wali Kota Balikpapan, Rizal Effendi, mengatakan jika ada dua hal yang akan dikebut, yakni soal area parkir dan akses masuk ke stadion. Untuk itulah, pihaknya, dibantu dengan DPRD, telah menyiapkan dana mencapai Rp10 miliar demi mempercepat pengerjaan sehingga Persiba Balikpapan bisa gunakan Stadion Batakan bulan Juli mendatang.

"Memang kita mengejar waktu agar Stadion Batakan bisa segera digunakan. Kita menyelesaikan jalan masuk dan tempat parikir, dua itu kan yang menjadi perhatian yang harus diselesaikan secepatnya," ujar Rizal Effendi.

"Ya, memang kita sudah sepakat, kita alokasikan dana Rp10 miliar tapi mungkin itu masih kurang, kita akan tambah, biar bisa cepat selesai. Biar bisa kejar target, karena Pertamina meminjamkan stadion selama bulan Juni saja," tambahnya lagi.

Dia mengungkapkan, target Juli tahun ini, Stadion Batakan sudah bisa digunakan Beruang Madu. Pasalnya, akan sangat berbahaya bagi Persiba jika harus terus bermain di luar kandang. Karena hingga kini belum pernah meraih kemenangan.

"Harapan kita memang dengan bermain di Balikpapan, di Stadion Batakan Persiba akan lebih baik lagi dan meraih kemenangan demi kemenangan. Karena memang sejak awal masyarakat maupun suporter menginginkan Persiba main di Balikpapan," ujarnya.

Saat ini posisi Persiba berada di dasar klasemen, karena  dari tujuh laga yang sudah dilakoni baik di kandang maupun tandang, baru meraih satu poin hasil dari sekali imbang dan selebihnya mengalami kekalahan.

"Mudah-mudahan dengan dukungan suporter Persiba akan lebih bersemangat lagi dan akan tampil lebih bagus meraih hasil positif terus," pungkasnya.

696