Toulon Cup 2017

Gagal di Toulon Cup, Indonesia Petik Banyak Pelajaran

Rabu, 7 Juni 2017 08:38 WIB
Penulis: Zainal Hasan | Editor: Gregah Nurikhsani Estuning
© Mark Donaldson/ESPN/Scottish FA
Anthony Ralston, bek andalan Skotlandia, merayakan keberhasilan negaranya mengalahkan Indonesia dengan susah payah. Copyright: © Mark Donaldson/ESPN/Scottish FA
Anthony Ralston, bek andalan Skotlandia, merayakan keberhasilan negaranya mengalahkan Indonesia dengan susah payah.

Timnas Indonesia U-19 telah menyudahi perjuangan di kancah Toulon Cup 2017 Prancis. Skuat Garuda Nusantara kembali menelan kekalahan dalam laga terakhirnya di grup C.

Menghadapi Skotlandia, Egy Maulana Vikri cs takkuk dengan skor 1-2. Dengan hasil ini, Timnas Indonesia belum sekalipun meraih kemenangan dari tiga laga yang dilalui.

© twitter.com/TournoiToulon
Timnas Indonesia U-19 tumbang 1-2 dari Skotlandia. Copyright: twitter.com/TournoiToulonTimnas Indonesia U-19 tumbang 1-2 dari Skotlandia.

Baca juga

Meski gagal lolos ke babak berikutnya, namun keikutsertaan Timnas Indonesia U-19 di ajang Toulon Cup mendapat banyak manfaat. Setidaknya melalui ajang ini, Indonesia dapat mengasah diri dengan menantang negara-negara besar seperti Brasil dan Ceko.

Hal ini seperti diutarakan oleh pelatih Timnas U-19, Indra Sjafri. Bagi Indra, sepakbola Indonesia tidak tertinggal terlalu jauh.

© twitter.com/TournoiToulon
Egy Maulanan Vikri dikepung dua pemain Brasil U-20. Copyright: twitter.com/TournoiToulonEgy Maulanan Vikri dikepung dua pemain Brasil U-20 di laga perdana Toulon Cup.

"Kami puas dengan penampilan dan kerja keras anak-anak, dan kita banyak mendapat manfaat di turnamen ini. Apa yang kita bayangkan tentang sepakbola Eropa, kita nggak jauh-jauh amat ketinggalannya," ucap Indra, Rabu (07/06/17).

Bahkan Indra pun memiliki keyakinan besar akan kemajuan sepakbola Indonesia. Baginya dengan Timnas U-19 kali ini akan lahir generasi baru bagi sepakbola Indonesia.

© twitter.com/TournoiToulon
Skuat Garuda Muda lakukan pemanasan jelang laga melawan Skotlandia. Copyright: twitter.com/TournoiToulonSkuat Garuda Muda lakukan pemanasan jelang laga melawan Skotlandia.

"Asal kita konsisten tim ini akan jadi generasi baru pesepakbola Indonesia, dan setelah ini kita akan evaluasi, untuk melakukan perbaikan," jelas Indra.

Kini, selepas berjuang di Toulon Cup, Indra beserta tim akan kembali ke Tanah Air. Skuat Garusa Nusantara akan kembali pada Kamis (08/06/17) besok.

"Selepas ini kita akan kembali ke Indonesia. Nanti saya akan liburkan tim terlebih dahulu dan baru berlatih pada 12 Juni nanti," tandas Indra.

1.4K