Liga 1 Indonesia

Hadapi PSM, Semen Padang Ingin Kembali ke Jalur Kemenangan

Kamis, 8 Juni 2017 10:39 WIB
Kontributor: Taufik Hidayat | Editor: Tengku Sufiyanto
© Taufik Hidayat/Indosport
Pelatih Semen Padang, Nilmaizar. Copyright: © Taufik Hidayat/Indosport
Pelatih Semen Padang, Nilmaizar.

Semen Padang akan menjamu PSM Makassar pada laga pekan ke-10 Gojek Traveloka Liga 1 di Stadion Haji Agus Salim, Kamis (08/06/17) malam WIB.

© Basri/INDOSPORT
Caption Copyright: Basri/INDOSPORTSkuat PSM Makassar tiba di Kota Padang.

Pelatih Semen Padang, Nilmaizar menegaskan, timnya tidak akan gentar meski berhadapan dengan PSM yang kini sebagai pemuncak klasemen sementara Liga 1. Mantan pelatih Timnas Indoensia pada Piala AFF 2012 itu menyebut, para pemainnya bakal bermain habis-habisan untuk bisa meraih hasil maksimal dan mengakhiri krisis di timnya.

"Seluruh pemain dalam keadaan sehat, dan kami sangat bertekad untuk memenangkan pertandingan ini. Kami akan mengerahkan seluruh kemampuan terbaik Semen Padang, dengan menang motivasi kami akan berlipat untuk laga selanjutnya," ujar Nilmaizar dalam Konferensi pers di kantor pusat PT Kabau Sirah Semen Padang (KSSP), Indarung, Rabu (08/06/17).

© Taufik Hidayat/Indosport
Tim Semen Padang saat latihan yang akan menghadapi kontra Barito Pura. Copyright: Taufik Hidayat/IndosportTim Semen Padang saat latihan.

Sektor lini serang harus jadi perhatian utama Kabau Sirah apabila tidak ingin kembali gagal memetik poin penuh. Absennya Marcel Silva masih jadi pekerjaan rumah yang harus dituntaskan.

Tambun Naibaho sebenarnya sempat memberikan harapan kala mencetak sepasang gol saat Semen Padang menaklukkan Persiba Balikpapan dengan skor 2-1 beberapa waktu lalu. Tapi, ia kemudian gagal membantu Kabau Sirah untuk terhindar dari kekalahan saat berhadapan dengan Barito Putera di laga terakhir.

Baca Juga:

Selain lini serang, pertahanan juga cukup memperihatinkan. Total dari sembilan pertandingan, gawang Kabau Sirah sudah 10 kali dibobol. Banyaknya pemain belakang yang harus menepi karena cedera menjadi salah satu penyebabnya.

Hal itu pula yang mungkin bisa dimanfaatkan Juku Eja yang dikenal sebagai tim produktif dengan total memasukkan 16 gol atau terbanyak di Liga 1. Reinaldo Elias Da Costa tercatat sebagai pemain tersubur dengan catatan enam gol. Karena itu, Cassio de Jesus ataupun Handi Ramdhan harus menjaga fokus sepanjang laga.

© Taufik Hidayat/INDOSPORT
Suasana latihan Semen Padang. Copyright: Taufik Hidayat/INDOSPORTSuasana latihan Semen Padang.

"Kami saat ini kehilangan beberapa pemain belakang, kami meminta anak-anak untuk tidak takut menghadapi PSM, kami sudah melakukan evaluasi bagaimana melakukan transisi dari menyerang ke bertahan dan begitu juga sebaliknya. Yang masih kurang adalah pressing, kami akan memperbaiki itu dalam laga nanti," kata Nilmaizar.

Sikap optimis juga ditunjukkan pemain muda, Fino Andrianas yang selalu dimainkan Nilmaizar dalam tiga laga terakhir,. Pemain asli Sumatera Barat itu mengaku memiliki motivasi tinggi menghadapi PSM, dan menyebut kemenangan akan mampu mengembalikan Kabau Sirah ke track yang benar.

"Kami bertekad menang dalam laga nanti.  Motivasi kami sangat berlipat setelah kalah kemarin, di depan seluruh pendukung dari Ranah Minang, kami akan membuktikan mampu menekuk pimpinan klasemen," tuturnya.

© Taufik Hidayat/Indosport
Semen Padang vs Persiba Balikpapan Copyright: Taufik Hidayat/IndosportSemen Padang vs Persiba Balikpapan.

Semen Padang sendiri hanya meraih satu kemenangan dalam tiga laga terakhir. Tim Kabau Sirah kalah dari Bhayangkara FC (0-1) dan Barito Putera (1-3). Semen Padang hanya menang atas Persiba Balikapapan (2-1).

Alhasil, Riko Simanjuntak dkk menempati posisi ke-14 klasemen sementara Liga 1 dengan raihan 11 poin dari sembilan laga. Sementara itu, PSM Makassar berada di posisi puncak dengan koleksi 20 poin dari sembilan laga.

569