Kualifikasi Piala Dunia 2018

(REVIEW) Italia 5-0 Lichtenstein: Gli Azzurri Berpesta!

Senin, 12 Juni 2017 03:45 WIB
Editor: Rendy Gusti
© MARCO BERTORELLO/AFP/Getty Images
Para pemain Italia melakukan selebrasi ketika mencetak gol ke gawang Liechtenstein. Copyright: © MARCO BERTORELLO/AFP/Getty Images
Para pemain Italia melakukan selebrasi ketika mencetak gol ke gawang Liechtenstein.

Babak Pertama

Dalam laga Kualifikasi Piala Dunia 2018 zona Eropa Grup G, Italia menjamu Liechtenstein di Stadio Friuli. Sejak menit-menit awal, skuat asuhan Giampiero Ventura sudah menekan tim tamu melalui sisi sayap. Leonardo Spinazzola dan Lorenzo Insigne kerap mencari celah demi mencetak gol pertama.

Ciro Immobile dan kawan-kawan terus membombardir pertahanan lawan melalui sepakan-sepakan keras, namun kesigapan kiper Peter Jehle membuat skor masih sama kuat 0-0. Gli Azzurri terlihat mendominasi jalannya pertandingan yang berlangsung dini hari ini.

Baca Juga

Pertahanan ketat yang ditunjukkan para pemain Liechtenstein akhirnya bisa ditembus oleh Lorenzo Insigne di menit ke-35. Sepakan kaki kanan yang dilesakkan oleh pemain Napoli itu tak mampu dihentikan oleh kiper lawan dan membuat Italia unggul 1 gol di babak pertama ini.

Mendapatkan umpan dari Leonardo Spinazzola di sisi kiri lapangan, Insigne melakukan kontrol bola sebelum akhirnya menendang keras si kulit bundar.

Anak-anak asuh Giampiero Ventura tetap gencar melakukan penyerangan hingga menit-menit akhir pertandingan. Namun, meskipun telah berusaha mencari celah, skor 1-0 masih menghiasi babak pertama ini. Wasit asal Skotlandia, Kevin Clancy pun meniup peluit panjang untuk mengakhiri babak pertama.

Babak Kedua

Memasuki babak kedua, Italia kembali tak mengendurkan intensitas penyerangan mereka. Leonardo Spinazzola kembali mengancam dari sisi sayap dengan umpan-umpan matangnya. Sayang, kesigapan pemain belakang Liechtenstein masih mampu menyapu bersih ancaman.

Tak lama kemudian, Gli Azzurri akhirnya berhasil menggandakan keunggulan mereka melalui striker Torino, Andrea Belotti. Striker berusia 23 tahun itu berhasil mencatatkan namanya di papan skor dan mencetak gol dengan mudah ke gawang Peter Jehle.

Mendapatkan umpan dari Lorenzo Insigne di lini depan, Belotti yang lolos dari perangkap offside berhasil mengelabui kiper lawan dengan sepakan terarahnya. Skor saat ini menjadi 2-0 untuk keunggulan Italia.

Tertinggal 2 gol membuat skuat asuhan Rene Pauritsch mengandalkan serangan balik untuk bisa memperkecil ketertinggalan mereka. Namun kuatnya barisan pertahanan Italia membuat striker Liechtenstein, Yanik Frick kesulitan. Hingga menit ke-70, Timnas Liechtenstein hanya mampu melesakkan 1 tembakan saja.

Nasib buruk kembali menimpa Liechtenstein setelah Italia kembali menambah pundi-pundi golnya. Eder yang baru dimasukkan di babak kedua berhasil mencetak gol ke-3 Gli Azzurri di menit ke-74 setelah menuntaskan umpan Andrea Belotti.

Tak puas di situ saja, pemain pengganti, Federico Bernardeschi mencatatkan namanya di papan skor dan membuat Italia unggul dengan skor 4-0 di menit ke-83. Giorgio Chiellini menjadi pendulang assist pada gol keempat Italia dalam laga ini.

Menerima umpan dari Chiellini di luar kotak penalti, striker Fiorentina itu melakukan tembakan kaki kiri keras yang tak mampu dihentikan kiper lawan. Di sisa 10 menit waktu normal ini, Italia terus melakukan penyerangan tanpa memberikan Liechtenstein kesempatan untuk berkembang.

Manolo Gabbiadini melengkapi pesta gol Italia dengan mencetak gol di menit ke-90. Leonardi Spinazzola kembali memberikan assist kepada rekannya setelah melakukan tusukan dari sisi kiri lapangan. Gabbiadini dengan mudah memasukkan bola ke dalam gawang dengan satu sentuhan.

Skor 5-0 untuk keunggulan Italia atas Liechtenstein tak berubah di waktu yang tersisa. Kemenangan tersebut tak mengubah posisi di Grup G Kualifikasi Piala Dunia 2018 zona Eropa. Italia masih berada di posisi 2 dengan mengumpulkan  16 poin dari 6 laga.

Susunan pemain Timnas Italia kontra Timnas Liechtenstein di Stadio Friuli dalam Kualifikasi Piala Dunia 2018 zona Eropa.

Italia
Buffon; Spinazzola, Chiellini, Barzagli, Darmian; Insigne, De Rossi, Pellegrini, Candreva (Bernardeschi 60'); Immobile (Eder 67'), Belotti (Gabbiadini 75')
Cadangan: Conti, Gagliardini, Donnarumma, Astori, Scuffet, Eder, Montolivo, Bonucci, Bernardeschi, D'Ambrosio, El Shaarawy, Gabbiadini
Pelatih: Giampiero Ventura

Liechtenstein
Jehle; Goppel, Gubser, Malin Rechtsteiner; Polverino (Quintans 87'), Burgmeier (Sandro 68'), Buchel, Hasler, Salanovic (Braendle 60'), Frick
Cadangan: Braendle, Hofer, Quintans, Wolfinger, Sele, Meier, Foser, Hobi, Oehri, Erne, Sandro, Benjamin
Pelatih: Rene Pauritsch

IDS Emoticon Suka
Suka
0%
IDS Emoticon Takjub
Takjub
0%
IDS Emoticon Lucu
Lucu
0%
IDS Emoticon Kaget
Kaget
0%
IDS Emoticon Aneh
Aneh
0%
IDS Emoticon Takut
Takut
0%
IDS Emoticon Sedih
Sedih
0%
IDS Emoticon Marah
Marah
0%