Ketum Jakmania Ajak Viking Berdialog, Yana Umar Menjawab

Selasa, 13 Juni 2017 08:19 WIB
Penulis: Muhammad Adiyaksa | Editor: Ivan Reinhard Manurung
 Copyright:

Ketua Umum (Ketum) Jakmania, Ferry Indrasjarief membuka kesempatan untuk berdialog dengan pendukung Persib Bandung, Viking. Ide itu terjasi setelah adanya kejadian bentrokan bertubi-tubi di luar ranah sepakbola.

Belakangan, terjadi peristiwa yang terus memakan korban. Perkelahian antara kedua kelompok suporter itu juga tak jarang memakan korban nyawa.

Baca Juga

Untuk itu, Bung Ferry, sapaan akrabnya, membuka pintu untuk bertemu dengan pihak Viking demi mencari jalan keluar untuk kebaikan kedua kelompok suporter.

© Internet
Caption Copyright: InternetKetua Jakmania, Ferry Indrasjarief. 

“Ketika rivalitas lebih banyak terjadi di medsos atau di luar tribun, harusnya kita sama-sama introspeksi apakah ini masih bisa dikatakan rivalitas sepakbola?,” tulis Bung Ferry dalam rilis yang diterima INDOSPORT, Senin, (12/06/27).

“Bila perdebatan di media sosial bisa memanaskan suasana, kenapa tidak dihentikan? Bila kalian merasa aman-aman aja, bagaimana dengan rekan-rekan kita di outsider? Apakah solidaritas hanya berarti menolong atau meringankan beban korban? Tidak bisakah solidaritas diwujudkan dengan tindakan pencegahan?,” lanjutnya.

© Muhammad Adiyaksa/INDOSPORT
Caption Copyright: Muhammad Adiyaksa/INDOSPORTPesan yang disampaikan Bung Ferry.

Penyebutan outsider merupakan penjelasan untuk anggota Jakmania yang tinggal di perbatasan ibu kota. Daerah tersebut memang rawan konflik karena lokasinya kebanyakan berada di Jawa Barat, basis massa terbesar Viking.

“Mencintai sebuah klub sepakbola adalah sebuah pengalaman yang Indah. Tapi bila cerita perang lebih banyak mengisi otak dan hati kita, daripada indahnya cerita di tribun, saya dengan tegas mengatakan, kita sudah salah jalan!,” ungkap Bung Ferry.

“Lewat tulisan pendek ini, saya mengajak Viking untuk membuka dialog. Tidak ada yang tidak mungkin. Segala hal yang négatif pasti bisa kita hentikan. Tidak perlu perantara polisi untuk ketemu. Tidak perlu pejabat turun tangan untuk menyelesaikan. Saya siap bertemu di mana pun tempat yang kalian inginkan. Sepakbola adalah Cinta. Saya Bung Ferry Indrasjarief, Ketua Umum the Jakmania,” sambungnya.

© Muhammad Ginanjar/INDOSPORT
Caption Copyright: Muhammad Ginanjar/INDOSPORTYana Umar menyambut ajakan diskusi Ketum Jakmania.

Sementara itu, dirigen Viking, Yana Umar menyambut dengan tangan terbuka terkait ajakan berdialog dari Jakmania. Bahkan,  Yana sudah meminta kepada pengurus teras Viking untuk memberikan sikap positif dengan membalas undangan yang diperkirakan bakal menjadi awalan untuk membuka jalan perdamaian antara kedua kubu.

"Luar biasa, sepakbola adalah hobi di dunia. Saya Yana Umar siap. Coba ke pengurus yang lain dan Ketua Viking, Herru Joko. Karena keputusan tetap ada di ketua," tulis Yana dalam akun Instagramnya, @yanaumar33 di kolom komentar postingan komunitas Suporter Cerdas Indonesia wilayah Bandung.

5.3K