Liga 1

Herkis Bingung dengan Anomali Kemenangan Lawan Tanpa Pelatih Kepala

Jumat, 16 Juni 2017 01:09 WIB
Kontributor: Ian Setiawan | Editor: Gregah Nurikhsani Estuning
© Ian/INDOSPORT
Pelatih Persela Lamongan, Heri Kiswanto. Copyright: © Ian/INDOSPORT
Pelatih Persela Lamongan, Heri Kiswanto.

Dari 18 tim yang berlaga di Liga 1, barangkali hanya Persela Lamongan yang memiliki catatan unik dalam kekalahannya. Dari enam kali mentas di kandang, tim yang berjuluk Laskar Joko Tingkir itu menelan dua kali kekalahan musim ini.

Uniknya, dua kekalahan itu dialami ketika tim lawan berstatus tanpa pelatih kepala. Sepasang kekalahan di laga home itu diperoleh Choirul Huda dan kawan-kawan saat menjamu Bali United dan Persipura dengan skor identik, 0-1.

Baca juga:

© Ian/INDOSPORT
Striker Madura United, Peter Odemwingie. Copyright: Ian/INDOSPORTStriker Madura United, Peter Odemwingie (kiri).

Sementara ketika tim lawan berkomposisi utuh dengan pelatihnya, Persela malah bisa meraup kemenangan mutlak di laga home. Bahkan, kemenangan itu diraih atas beberapa tim papan atas dimulai dari Madura United, Persija Jakarta, Arema FC dan Sriwijaya FC.

Tak pelak, anomali unik ini pun membuat bingung seorang Herry Kiswanto, pelatih Persela. Terlebih ketika tim asuhannya dikalahkan Persipura 0-1 tanpa peran pelatih kepala pasca pengunduran diri Liestiadi.

"Saya tidak tahu (terkait dua kali kemenangan tim lawan tanpa pelatih kepala). Tapi secara internal, saya selalu instruksikan pemain untuk fokus tanpa memikirkan hal lain," ucap pelatih kawakan tersebut.

© Ian/INDOSPORT
Defender Persela, Aang Suparman. Copyright: Ian/INDOSPORTDefender Persela, Aang Suparman (kanan).

"Sekali lagi saya tidak tahu soal itu. Bisa-bisa setiap tim yang ke sini nanti tidak ada pelatihnya (agar bisa meraih kemenangan di Lamongan," imbuh Herkis disambut tawa para awak jurnalis di ruang konferensi pers Stadion Gelora Surajaya.

Lebih lanjut, Herkis lebih memilih untuk mengevaluasi penampilan anak asuhnya dari sudut pandangan rasional. Menurutnya, kekalahan dari Persipura tak lepas dari kelas tim lawan yang memang punya mental bagus dalam menata skema permainan.

"Kita lihat tadi, Persipura tetap tampil bagus meski tidak ada beberapa pemain bintang yang bermain. Saya ucapkan selamat atas kemenangan mereka," paparnya.

© Liga Indonesia
Persela Lamongan vs Persipura. Copyright: Liga IndonesiaPersela Lamongan vs Persipura.

"Sementara kami sering melakukan kesalahan sendiri. Saya cukup sesalkan, karena justru ini terjadi dalam pertandingan sepenting ini," eks pembesut PSS Sleman itu menambahkan.

79