Parma Akhirnya Resmi Promosi ke Serie B Italia

Minggu, 18 Juni 2017 11:11 WIB
Editor: Ramadhan
© Squawka
Parma Copyright: © Squawka
Parma

Parma kembali mengukir cerita manis di sepakbola Italia. Tim yang kini bernama Parma Calcio 1913 itu sukses meraih satu tiket promosi ke kasta kedua sepakbola Italia, Serie B Italia di musim 2017/18 nanti pasca mengalami kebangkrutan pada 2015 kemarin.

Pencapaian mengesankan itu diraih Parma usai mengalahkan Alessandria pada partai final play-off Lega Pro Italia di Stadion Artemio Franchi, Sabtu (17/06/17). Dua gol Parma dicetak oleh Manuel Scavone di menit ke-11 dan dan Manuel Nocciolini di menit ke-67.

© Squawka
Parma Copyright: SquawkaParma

Sebelumnya pada 2015 kemarin, Parma mendapat hukuman dari pengadilan Italia akibat tak becus mengurusi keuangan hingga akhirnya bangkrut. Hal itulah yang membuat juara Piala UEFA (kini Liga Europa) 1998 tersebut harus terlempar ke Serie D yang merupakan liga amatir.

Parma tak menyerah dan pada musim 2015/16 berjuang dengan skuat seadanya hingga akhirnya klub yang di era 90-an begitu berjaya di Italia dan Eropa tersebut sukses menjuarai Serie D dan merebut tiket promosi ke Serie C Pro.

© Squawka
Parma Copyright: SquawkaParma

Kemudian, perjuangan Parma di Serie C Pro pun berlanjut hingga mereka merebut peringkat kedua di klasemen wilayah A pada akhir musim 2016/17. Sebenarnya Parma nyaris gagal promosi karena mereka terpaut 12 angka dari tim asuhan Filippo Inzaghi, Venezia, yang sudah dipastikan promosi karena memuncaki klasemen.

Baca Juga:

Meski begitu, kesempatan Parma untuk promosi ke Serie B Italia pun masih terbuka. Tim berjuluk I Ducali harus menjalani laga-laga play-off hingga akhirnya mencapai final melawan Alessandria.

© Squawka
Parma Copyright: SquawkaParma

Menariknya, perjuangan Parma meraih tiket promosi ke Serie B Italia musim depan nanti tak lepas dari peran pemain gaek Allesandro Lucarelli (39 tahun) yang sudah mengabdi di klub tersebut selama sembilan musim atau sejak 2008 dan setia bersama Parma meski jatuh ke level terendah sepakbola pro Italia.

Parma sendiri berhasil menyusul tiga klub lainnya yang sudah lebih dulu promosi ke Serie B Italia yakni Cremonese, Venezia, dan Foggia.

Prestasi ini jelas sangat menggembirakan untuk Parma, yang pada 2015 lalu dinyatakan bangkrut sampai harus berganti nama dan mentas di Serie D Italia.

© Squawka
Parma Copyright: SquawkaParma

Namun klub yang di era 90-an begitu berjaya di Italia dan Eropa tersebut, selalu berhasil promosi dalam dua musim terakhir. Tak pelak bila pada musim depan Parma dipastikan mentas di Serie B, satu kasta di bawah Serie A Italia.

Kesuksesan Parma meraih tiket promosi ke Serie B Italia ikut disaksikan mantan bintang mereka asal Argentina, Hernan Crespo. Pemain depan Parma di musim 1996-2000 dan 2010-2012 tersebut hadir langsung di tribun Stadion Artemio Franchi. Crespo bangga karena Parma masih dipimpin kapten mereka, Alessandro Lucarelli. 

2.9K