6 Peraturan 'Absurd' yang Mampu Merevolusi Sepakbola

Senin, 19 Juni 2017 22:26 WIB
Editor: Rendy Gusti
© goal.com
Logo resmi FIFA. Copyright: © goal.com
Logo resmi FIFA.

Dewan Asosiasi Sepakbola Internasional (IFAB), dilaporkan tengah merancang beberapa peraturan baru yang mungkin akan diterapkan dalam pertandingan sepakbola. Namun, peraturan tersebut masih dipelajari lebih dalam lagi sebelum diimplementasikan.

© Connardy
Caption Copyright: ConnardyIlustrasi permainan sepakbola.

Setidaknya terdapat 6 peraturan baru yang akan coba diperdalam dan dipelajari lebih lanjut oleh IFAB. Pertemuan mereka selanjutnya untuk membahas peraturan itu akan dilaksanakan pada bulan Maret 2018 mendatang.

Baca Juga

"Ini merupakan sebuah dokumen yang terbilang radikal. Yang bisa kami katakan di sini adalah peraturan tersebut bisa merevolusi sepakbola menjadi lebih baik secara senyap," ujar Direktur Teknik IFAB, David Elleray dikutip dari Marca.

Berikut ini merupakan 6 peraturan baru yang sedang dirancang IFAB untuk merevolusi sepakbola.

1. 2 Babak dengan selang waktu 30 menit

© David Ramos/Getty Images
Derby Catalonia, Espanyol vs Barcelona Copyright: David Ramos/Getty ImagesDerby Catalonia, Espanyol vs Barcelona.

Dalam peraturan ini, pertandingan akan berjalan penuh sepanjang 60 menit dibandingkan dengan yang diterapkan sekarang ini, yaitu 90 menit. Tujuan dari ada peraturan tersebut adalah untuk menghindari adanya waktu yang terbuang, dan waktu permainan akan dihentikan apabila bola keluar lapangan. Layaknya basket.

2. Hukuman dengan pemberian gol

© Istimewa
Ilustrasi wasit sepakbola. Copyright: IstimewaIlustrasi wasit sepakbola.

Hukuman tersebut akan diberikan apabila terjadi pelanggaran di kotak terlarang atau penalti. Alih-alih memberikan tendangan penalti, wasit akan memberikan gol untuk tim yang dilanggar.

3. Perubahan dalam aturan melakukan tendangan sudut dan tendangan bebas

© internet
Angel Di Maria melepas tembakan saat PSG menjamu Lille pada Minggu (14/02/16). Copyright: internetAngel Di Maria melepas tembakan saat PSG menjamu Lille pada Minggu (14/02/16).

Nantinya, ketika seseorang mendapatkan tendangan sudut ataupun tendangan bebas, pemain tersebut diperbolehkan untuk langsung memainkan bola itu tanpa perlu disentuh oleh rekan satu timnya.

4. Peraturan tendangan bebas baru

© Getty Images
Cristiano Ronaldo ketika sedang melakukan tendangan bebas. Copyright: Getty ImagesCristiano Ronaldo ketika sedang melakukan tendangan bebas.

Ketika melakukan tendangan bebas, biasanya bola harus berada dalam keadaan mati atau diam. Namun, pada peraturan baru, tendangan bebas boleh dilakukan meskipun bola dalam keadaan bergerak.

5. Tidak adanya tambahan waktu

© FIFA.com
Wasit memberikan tambahan waktu 1 menit. Copyright: FIFA.comWasit memberikan tambahan waktu 1 menit.

Tambahan waktu atau 'injury time' nantinya akan ditiadakan apabila waktu normal pertandingan sudah berakhir. Pertandingan masih akan terus berjalan hingga bola keluar dari lapangan. Ketika saat tersebut terjadi, maka wasit akan menuip peluit panjang pertandingan, layaknya permainan rugby.

6. Hukuman penalti untuk pelanggaran back pass

© INTERNET
Caption Copyright: INTERNETIlustrasi tendangan penalti.

Ketika seorang kiper menangkap umpan back pass dari rekannya, biasanya wasit akan meniup peluit dan memberikan tendangan bebas tidak langsung di tempat pelanggaran. Namun, dengan adanya peraturan baru, wasit akan memberikan penalti.

Menurut para pembaca setia INDOSPORT, apakah Anda setuju jika peraturan seperti ini diterapkan pada pertandingan sepakbola?

1K