'Susul' Ronaldo, Jose Mourinho Terjerat Kasus Pajak

Selasa, 20 Juni 2017 19:09 WIB
Editor: Cosmas Bayu Agung Sadhewo
© GMS
Jose Mourinho mengacungkan jari telunjuknya ke arah tribun penonton, pasca menjuarai Liga Europa. Copyright: © GMS
Jose Mourinho mengacungkan jari telunjuknya ke arah tribun penonton, pasca menjuarai Liga Europa.

Pelatih Manchester United, Jose Mourinho, mengikuti ‘jejak’ megabintang sekaligus mantan anak asuhnya di Real Madrid, Cristiano Ronaldo. Pria asal Portugal itu baru saja menerima tuduhan penggelapan pajak oleh otoritas Spanyol.

Baca Juga:

Mantan pelatih Chelsea itu didakwa melakukan penggelapan pajak ketika dirinya masih aktif melatih Los Blancos pada periode 2010 hingga 2013.

©
Sergio Ramos dan Jose Mourinho. Copyright: Sergio Ramos dan Jose Mourinho ketika masih melatih Real Madrid.

Jaksa Spanyol menuding bahwa pria berusia 54 tahun itu tidak membayar pajak sebesar 3,3 juta euro (Rp49 miliar) selama 3 tahun melatih di Santiago Bernabeu. BBC melansir Mourinho tidak membayar 1,61 juta euro di tahun 2011, dan 1,69 juta euro di 2 tahun berikutnya.

©
Sergio Ramos (kanan) dan Jose Mourinho saat masih melatih Real Madrid. Copyright: Sergio Ramos (kanan) dan Jose Mourinho saat masih melatih Real Madrid.

Apa yang tertimpa oleh Mourinho ini hanya beberapa minggu pasca kasus penggelapan pajak yang juga menimpa Cristiano Ronaldo. Seperti yang kita ketahui, Ronaldo terjerat kasus penggelapan pajak pada periode 2011 hingga 2014.

Pemain berusia 32 tahun itu dituduh telah melakukan penggelapan pajak sebesar 14,7 juta euro atau lebih dari Rp218 miliar. Jumlah tersebut lebih besar dibanding yang pernah dialami oleh megabintang Barcelona, Lionel Messi.

© Mirror
Pemain megabintang Barcelona, Lionel Messi (kiri) dan Cristiano Ronaldo, pemain megabintang Real Madrid. Copyright: MirrorPemain Barcelona, Lionel Messi (kiri) dan Cristiano Ronaldo, yang sama-sama terkena kasus penggelapan pajak di Spanyol.

Jaksa telah menerima laporan, jika Ronaldo telah melakukan penipuan pajak sebesar 1,4 juta euro atau lebih dari Rp20 miliar pada tahun 2011, 1,7 juta euro atau lebih dari Rp25 miliar pada tahun 2012, 3,2 juta euro atau lebih dari Rp47 miliar pada tahun 2013, dan 8,5 juta euro atau lebih dari Rp126 miliar di tahun 2014.

IDS Emoticon Suka
Suka
0%
IDS Emoticon Takjub
Takjub
0%
IDS Emoticon Lucu
Lucu
0%
IDS Emoticon Kaget
Kaget
33%
IDS Emoticon Aneh
Aneh
0%
IDS Emoticon Takut
Takut
0%
IDS Emoticon Sedih
Sedih
33%
IDS Emoticon Marah
Marah
33%