Liga 1 Indonesia

Hadapi Persib, Pelatih PSM Makassar Enggan Gunakan Strategi Mourinho

Rabu, 5 Juli 2017 01:37 WIB
Kontributor: Ginanjar | Editor: Rizky Pratama Putra
© INDOSPORT/Basri
Para pemain PSM Makassar melakukan latihan perdana di Stadion Andi Matalatta. Copyright: © INDOSPORT/Basri
Para pemain PSM Makassar melakukan latihan perdana di Stadion Andi Matalatta.

Pelatih PSM Makassar, Robert Rene Alberts memastikan timnya tak akan memainkan taktik ala Jose Mourinho saat melawan Persib Bandung pada laga ke-12 Gojek Traveloka Liga 1 2017, Rabu (05/07/17) yang bakal digelar di Stadion Gelora Bandung Lautan Api (GBLA), Gedebage, Bandung.

Rene mengatakan bahwa skuatnya tidak akan 'memarkir bus' demi mencuri poin di Bandung. Sebaliknya, Rene menegaskan timnya akan bermain menyerang lantaran membutuhkan tiga poin untuk menjaga asa posisinya di puncak klasemen sementara.

© Ginanjar/Indosport
Robert Rene Alberts dan Herrie Setyawan saat menjalani konferensi pers. Copyright: Ginanjar/IndosportRobert Rene Alberts dan Herrie Setyawan saat menjalani konferensi pers.

"Melawan tim bagus, pemain bagus, akan menjadi pertandingan menarik dan saya tekankan tidak akan 'parkir bus'. Persib mempunyai kualitas mumpuni dan kita harus memainkan sepakbola menyerang untuk bisa memenangkan pertandingan," tegas Rene dalam press conference sebelum laga di Graha Persib, Jalan Sulanjana, Bandung, Selasa (04/07/17).

Strategi 'parkir bus' sendiri memang menjadi salah satu usungan kental dari Mourinho. Pelatih Man United ini kerap mengandalkan pertahanan ketat untuk melakukan serangan balik cepat sebagai strategi permainannya.

Hal ini sempat dilakukannya kala masih menagani Real Madrid dan Chelsea. Namun belakangan, pelatih asal Portugal tersebut mulai melakukan taktik permainan terbuka selama menangani Setan Merah.

© Getty Images
Jose Mourinho, pelatih Manchester United. Copyright: Getty ImagesJose Mourinho, pelatih Manchester United.

Sekali lagi, Rene Alberts enggan menggunakan pola ini dalam laga melawan Persib Bandung. Beruntung, Rene mengatakan timnya memiliki modal berharga dalam menghadapi Persib setelah berhasil menempati peringkat pertama dengan hanya mengalami dua kekalahan dari 11 pertandingan yang telah dilalui. 

"Banyak perkembangan untuk PSM. Dan tim ini bisa tumbuh lagi dan tim ini memiliki tekad besar untuk jadi besar. Akhirnya kita melihat PSM nomor satu itu karena memiliki motivasi dan tekad besar jadi kami layak mendapatkan tempat ini," tegasnya.

Baca Juga:

Oleh karena itu, pelatih asal Belanda ini berharap di laga nanti tren positif bisa kembali didapatkan timnya. Setidaknya bisa membawa pulang tiga poin. 

"Yang pasti besok pertandingan menarik. Persib tim bagus setiap tahun menargetkan juara tahun ini juga dan pemain diisi profesional nama besar. Kita mengharapkan wasit bagus dan fair dan kita harapkan pertandingan sangat menarik," pungkasnya.

403