Liga 1

(REVIEW) Persib 2-1 PSM Makassar: Masuk 10 Besar!

Rabu, 5 Juli 2017 20:40 WIB
Editor: Rendy Gusti
 Copyright:

Babak Pertama

Persib Bandung menjamu PSM Makassar di Stadion Gelora Bandung Lautan Api, Bandung, pada pekan ke-12 Gojek Traveloka Liga 1 2017. Menurunkan hampir seluruh pemain terbaiknya, Maung Bandung langsung melancarkan serangan demi serangan ke gawang lawan.

Namun sayang, beberapa peluang yang didapatkan oleh Tantan dan Essien di sepertiga lapangan harus kandas karena ketatnya lini pertahanan Juku Eja. Sesekali, skuat asuhan Robert Rene Alberts juga mengancam melalui striker andalannya, Ferdinand Sinaga.

© Twitter/@persib
Striker Persib Bandung, Shohei Matsunaga. Copyright: Twitter/@persibStriker Persib Bandung, Shohei Matsunaga.

Memasuki menit ke-15, laga masih berjalan imbang dan belum ada gol yang tercipta. Persib Bandung mendapatkan shoot on target pertamanya melalui Atep di menit ke-22. Sayang, sepakan pesepakbola berusia 32 tahun itu masih terlalu lemah dan dengan mudah ditangkap oleh kiper PSM Makassar, Syaiful.

Ketika laga menyisakan 6 menit waktu normal, striker asal Jepang, Shohei Matsunaga akhirnya berhasil menjadi pendulang gol pertama di laga tersebut. Mendapatkan umpan dari sisi kanan lapangan, mantan pemain Persiba Balikpapan itu menceploskan si kulit bundar dengan keras menggunakan kaki kanannya di menit ke-39.

Tak ingin menyerah begitu saja, Maung Bandung masih mencoba mencari gol tambahan. Kali ini peluang didapatkan oleh Vladimir Vujovic yang memanfaatkan tendangan sudut masih bisa diamankan kiper lawan.

Baca Juga

Tambahan waktu 2 menit yang diberikan pengadil lapangan tak mampu dimaksimalkan kedua tim. Persib Bandung berhasil unggul atas tim tamu, PSM Makassar dengan skor 1-0 pada pekan ke-12 Liga 1.

Babak Kedua

Memasuki babak kedua, Persib Bandung terlihat tak mengendurkan serangannya. Ancaman yang dilakukan oleh Supardi Nasir dan Tantan membuat lini pertahanan Juku Eja kerja keras.

Memasuki menit ke-54, Atep akhirnya mencatatkan namanya di papan skor. Sepakan kaki kiri terarahnya tak mampu dihentikan kiper PSM Makassar, Syaiful, 2-0 untuk keunggulan Persib Bandung.

Setelah tertinggal 2 gol, skuat asuhan Robert Rene Alberts mulai kehilangan kesabarannya. Permainan keras dilakukan demi menghentikan lawannya. Di menit ke-66, Zulkifli Syukur harus menerima kartu kuning dari wasit setelah melanggar Tantan.

Akhirnya, kerja keras yang diperlihatkan PSM Makassar membuahkan hasil. Sepakan keras pemain asal Belanda, Wiljan Pluim dari luar kotak penalti tak mampu dihalau oleh kiper Persib Bandung, I Made Wirawan. Juku Eja berhasil memperkecil jaraknya dengan tim tuan rumah.

Setelah gol tersebut, tidak ada lagi gol yang tercipta dalam laga itu. Persib Bandung berhasil merangkak naik ke posisi 10 dan menggeser Mitra Kukar dengan mengumpulkan 19 poin dari 12 laga. Maung Bandung menang dengan skor 2-1 atas PSM Makassar di pekan ke-12 Liga 1.

3.1K