Update Peringkat FIFA: Indonesia Stagnan, Malaysia Melorot 12 Posisi

Kamis, 6 Juli 2017 19:28 WIB
Editor: Ramadhan
 Copyright:

FIFA baru saja memperbarui peringkat negara-negara anggotanya per hari ini, Kamis (06/07/17). Namun, peringkat Timnas Indonesia justru tak mengalami perubahan sama sekali yakni tetap stagnan di peringkat ke-175 dengan catatan 110 poin.

Rangking FIFA terbaru Indonesia tersebut tentu membuat misi PSSI untuk memperbaiki peringkat FIFA lewat laga-laga uji coba masih belum mencapai tujuan. Seperti diketahui, Indonesia sebenarnya meraih hasil yang cukup positif di laga uji coba seperti menang atas Kamboja 2-0 pada 8 Juni 2017 dan imbang 0-0 kontra Puerto Rico.

© INDOSPORT/Prima Pribadi
Timnas Indonesia saat melakukan serangan ke jantung pertahanan Puerto Rico Copyright: INDOSPORT/Prima PribadiTimnas Indonesia saat melakukan serangan ke jantung pertahanan Puerto Rico

Untuk wilayah Asia Tenggara atau negara-negara anggota AFF, Filipina masih menjadi negara dengan peringkat FIFA paling tinggi. Kini, Filipina berada di peringkat ke-126 dengan catatan 249 poin dan tak mengalami perubahan peringkat dengan bulan lalu.

Selain Indonesia dan Filipina, negara-negara anggota AFF lainnya yang tak mengalami perubahan peringkat di bulan ini adalah Brunei Darussalam dan Timor Leste. Brunei menempati peringkat ke-188 (62 poin) sementara Timor Leste berada di peringkat ke-196 (42 poin).

Baca Juga:

© Grafis: Eli Suhaeli/INDOSPORT
Hasil pertandingan Kamboja vs Indonesia. Copyright: Grafis: Eli Suhaeli/INDOSPORTHasil pertandingan Kamboja vs Indonesia.

Sementara itu, juara Piala AFF 2016 kemarin, Thailand, turun empat posisi dan saat ini menduduki peringkat ke-131 dengan koleksi 235 poin, sementara Vietnam melorot dua posisi ke peringkat ke-133 dengan catatan 231 poin.

Dua negara anggota AFF, Malaysia dan Singapura mengalami penurunan peringkat yang drastis yakni mencapai 12 posisi. Malaysia sendiri saat ini berada di peringkat ke-167 (119 poin) dari posisi sebelumnya di peringkat ke-155, sementara Singapura berada di posisi ke-169.

© INTERNET
Skuat Tim Nasional Malaysia Copyright: INTERNETSkuat Tim Nasional Malaysia

Namun, ada hal menarik dari peringkat FIFA terbaru milik Kamboja. Meski dikalahkan Indonesia dengan skor 0-2, Kamboja justru sukses naik satu peringkat dan saat ini berada di peringkat ke-173 dengan catatan 111 poin, terpaut satu angka dari poin milik Indonesia.

© FABRICE COFFRINI/AFP/Getty Images
FIFA (Federation Internationale de Football Association) Copyright: FABRICE COFFRINI/AFP/Getty ImagesFIFA (Federation Internationale de Football Association)

Untuk peringkat teratas, ada Jerman di peringkat pertama usai meraih gelar juara Piala Konfederasi 2017 di Rusia. Sementara Brasil, Argentina, Portugal, dan Swiss masing-masing menempati posisi kedua, ketiga, keempat, dan kelima.

1.7K