Ternyata Pemain Timnas U-16 Sempat 'Mogok' Latihan Sebelum Imbang Lawan Myanmar

Senin, 10 Juli 2017 13:05 WIB
Penulis: Petrus Manus Da' Yerimon | Editor: Herry Ibrahim
 Copyright:

Belum lama ini, pelatih Tim Nasional (Timnas) U-16 Indonesia, Fakhri Husaini membeberkan kalau ternyata para pemain di Skuat Garuda Asia sempat tidak bersemangat dan ogah-ogahan menjalani latihan. Hal itu terjadi pada hari terakhir sebelum keberangkatan ke Piala AFF U-15 di Thailand.

Setelah ditelisik, rupanya hal itu terjadi lantaran para pemain merasa sedih, begitu mengetahui salah satu rekannya yakni Hamsah Lestaluhu yang tidak bisa ikut berjuang di Piala AFF U-15 di Chonburi, Thailand, 9-22 Juli 2017, karena mengalami cedera robek otot di bagian lutut kanan.

© Dewo/PSSI
Pemain Timnas Indonesia U-16 saat jalani latihan. Copyright: Dewo/PSSIPemain Timnas Indonesia U-16 saat jalani latihan.

Melihat keadaan tersebut, pelatih Fakhri Husaini pun langsung turun tangan dan kembali membakar semangat anak asuhnya agar tetap kuat meski salah satu rekannya dipastikan absen. Ia mengingatkan agar pemain Timnas U-16 segera bangkit dan mendoakan Hamsah Lestaluhu agar cepat pulih sehingga bisa bergabung di tim.

"Anak-anak juga sangat terpukul, pada sesi pertama mereka tidak ada gairah juga akhirnya saya kumpulkan dan saya tegaskan. Kita mau latihan apa mau meratapi cedera Hamsah? Kalau kalian nangis pun, cedera Hamsah tidak akan sembuh," tutur Fakhri Husaini.

© Ratno Prasetyo/INDOSPORT
Caption Copyright: Ratno Prasetyo/INDOSPORTFakhri Husaini meminta anak asuhnya tetap semangat meski tanpa Hamsah Lestaluhu di Piala AFF

"Kalian harus move on, apa yang harus kalian lakukan? Doakan dia supaya cepat sembuh dan kalau ditanya siapa yang paling sedih jawabannya adalah saya," sambung pelatih 51 tahun itu.

Baca Juga

Cedera yang didapat Hamsah Lestaluhu terjadi saat laga uji coba dengan Askot Persija, Selasa (04/07/17) lalu. Absennya pemain asal Maluku itu memang cukup terasa di Timnas U-16. Lini tengah Skuat Garuda Asia seakan 'bolong' tanpa kehadiran Hamsah. Hal itu membuat rekannya, David Maulana harus bekerja keras saat Timnas U-16 bermain imbang 2-2 melawan Myanmar di laga perdana Piala AFF U-15, Minggu (09/07/17).

© Zainal Hasan/Indosport.com
Hamsah Lestaluhu (timnas Indonesia U-16). Copyright: Zainal Hasan/Indosport.comHamsah Lestaluhu (timnas Indonesia U-16).

Di sisi lain, meski tak berangkat ke Thailand, Hamsah sejatinya tetap memberikan semangat kepada rekan-rekannya. Dia yakin tanpa dirinya, Timnas U-16 Indonesia tetap akan meraih sukses.

"Saya bilang kepada kawan-kawan, jangan karena tanpa saya kalian patah semangat dan kalian harus semangat," tutur pemain asal Maluku ini.

3.5K