Liga 1

Dihadang Jadwal Padat, Arema FC Ubah Program Recovery

Selasa, 11 Juli 2017 16:04 WIB
Kontributor: Ian Setiawan | Editor: Ivan Reinhard Manurung
 Copyright:

Memasuki Juli 2017, kompetisi Gojek Traveloka Liga 1 memang tengah padat-padatnya. Arema FC, menjadi salah satu dari 18 tim yang mengalami masalah yang sama, yaitu minimnya waktu istirahat bagi para pemain.

Guna mengatasi hal itu, Aji Santoso pun dipaksa berpikir cepat dan harus mengubah program latihannya. Perubahan itu dirasa perlu dilakukan, lantaran terbatasnya waktu recovery pemain dari yang awalnya bertanding satu pekan sekali, menjadi empat hari.

© INDOSPORT/Herry Ibrahim
Caption Copyright: INDOSPORT/Herry IbrahimArema punya jadwal padat di Liga 1 selama bulan Juli 2017.

Baca Juga

"Bulan Juli ini termasuk paling padat dalam hal jadwal. Untuk itu, saya mengubah kebiasaan meliburkan pemain setelah dan sebelum pertandingan," bilang pelatih Arema FC tersebut.

"Satu hari setelah pertandingan, pemain yang turun menjalani terapi dan latihan ringan untuk kembali bugar. Sementara pemain cadangan, punya porsi latihan lebih banyak agar kondisinya dalam level yang sama," sambung pria kelahiran 6 April 1970 tersebut.

© Ian Setiawan/INDOSPORT
Aji Santoso dan jajarannya. Copyright: Ian Setiawan/INDOSPORTAji Santoso siap mengubah pola latihan pemain Arema.

Jika punya jeda satu pekan, masa istirahat penggawa Arema FC memang lumayan panjang dengan waktu efektif sekitar lima hari. Namun dengan hanya berjarak empat hari sekali, praktis Cristian Gonzales dkk. hanya bisa tenang selama dua hari saja.

Bayang-bayang kelelahan memang tengah menghantui Singo Edan. Pasca mengalahkan Sriwijaya FC, Jumat (07/07/17) lalu, Ahmad Bustomi dan kolega mesti kembali bersiap menjalani dua laga berikutnya dengan jarak yang begitu mepet.

Tim berlogo kepala singa akan bertandang ke markas Gresik united pada 12 Juli 2017 besok, lalu kembali bermain home dalam balutan big match saat menghadapi Persipura Jayapura pada 16 Juli 2017.

Meski memiliki jadwal pertandingan yang bisa dibilang kurang menguntungkan, Aji Santoso mengaku para pemainnya bisa menjaga konsistensi demi meningkatkan posisi di klasemen.

© Ian Setiawan/INDOSPORT
Selebrasi gol Cristian Gonzales saat membawa Arema unggul atas Sriwijaya FC. Copyright: Ian Setiawan/INDOSPORTSelebrasi gol Cristian Gonzales saat membawa Arema unggul atas Sriwijaya FC.

"Saya yakin anak-anak bisa mengatasi hal ini dengan kerja keras dan kemauan besar untuk menang," ungkapnya.

Sedikit informasi, Arema sendiri saat ini tengah menempati peringkat enam klasemen sementara Liga 1 dengan torehan 22 poin dari 13 laga. Mereka terpaut tiga poin dengan PSM Makassar yang kokoh di puncak klasemen dengan koleksi 26 poin.

Jadwal Arema FC selama bulan Juli :

03 Juli 2017 (A) PS TNI vs Arema FC
07 Juli 2017 (H) Arema FC vs Sriwijaya
12 Juli 2017 (A) Gresik United vs Arema FC
16 Juli 2017 (H) Arema FC vs Persipura Jayapura
21 Juli 2017 (A) Semen Padang vs Arema FC
30 Juli 2017 (H) Arema FC vs Borneo FC