SEA Games 2017

Menengok Prestasi Terbaik Timnas Indonesia di SEA Games

Kamis, 13 Juli 2017 12:07 WIB
Editor: Gregah Nurikhsani Estuning
© Grafis/Gregah/INDOSPORT
Timnas Indonesia. Copyright: © Grafis/Gregah/INDOSPORT
Timnas Indonesia.

Usai ajang Piala AFF, gegap gempita Tim Nasional Indonesia bakal kembali meriah. Dalam waktu dekat ini, event olahraga antar negara Asia Tenggara, SEA Games akan terselenggara, dan untuk kesekian kalinya, cabang olahraga sepakbola menargetkan juara.

Di SEA Games 2017 yang digelar Kuala Lumpur, Malaysia, Timnas Indonesia U-22 tergabung di grup neraka. Hasil drawing yang dilaksanakan di Hotel Renaissance Kuala Lumpur, Sabtu (08/07/17) menempatkan Skuat Garuda di Grup B bersama Thailand, Vietnam, Kamboja, Timor Leste, dan Filipina.

Baca juga:

Kendati masuk grup berat, Ketua Umum (Ketum) PSSI, Edy Rahmayadi, tak mau ambil pusing. Ia tetap menargetkan Evan Dimas dan kawan-kawan medali emas dibawa pulang ke Indonesia.

"Saya tidak mempersoalkan itu, siapa pun saya akan hadapi. Target Indonesia adalah medali emas," ujar Edy Rahmayadi.

© Juni Adi/Indosport.com
Ketua Umum Edy Rahmayadi buka Liga Indonesia U-19. Copyright: Juni Adi/Indosport.comKetua Umum Edy Rahmayadi buka Liga Indonesia U-19.

Sebelum berjibaku di SEA Games 2017, Indonesia bakal lebih dulu 'diuji' di Kualifikasi Piala Asia U-23 mulai tanggal 15-23 Juli nanti. Luis Milla memboyong 24 nama, minus Egy Maulana Vikri, bintang Timnas U-19.

Di sisi lain, gairah sepakbola Indonesia memang tengah menggeliat dan berbenah pasca dicabutnya sanksi pembekuan FIFA. Mulai dari Timnas level senior, U-23, U-22, U-19, sampai U-16 digeber guna mengembalikan status Macan Asia.

Era 1960-an bisa dibilang tahun kejayaan Indonesia di level Asia. Saat itu, Soetjipto Soentoro, Max Timisela, Jacob Sihasale, Kadir, Iswadi Idris, Andjiek Ali Nurdin, sampai Yudo Hadianto sanggup mengharumkan Merah Putih dengan menjuarai banyak kejuaraan, yakni Turnamen Merdeka (1961, 1962, 1969), Piala Emas Agha Khan (1966), Piala Raja (1968), juga medali perak Asian Games di tahun 1966.

© Fandom.id/facebook/thaifootballcyclopedia
Salah satu legenda Timnas Indonesia, Soetjipto Soentoro. Copyright: Fandom.id/facebook/thaifootballcyclopediaSalah satu legenda Timnas Indonesia, Soetjipto Soentoro.

Performa stabil berhasil ditorehkan di tahun 1970 sampai 1980-an. Sayang, Macan Asia sekarang seakan sedang tidur. Indonesia mulai kesulitan untuk bersaing di level Asia, bahkan Asia Tenggara.

Jelang SEA Games 2017 digelar, harapan untuk melihat bendera merah putih berkibar di Malaysia tentu adalah mimpi yang tidak boleh ditunda lagi. Cabang olahraga sepakbola sebenarnya pernah menorehkan prestasi apik di pesta olahraga terbesar se-Asia Tenggara tersebut. Kali ini, INDOSPORT akan menengok ke belakang mana saja prestasi terbaik Tanah Air di SEA Games.

1.6K