Liga 1

Bali United 5-0 Barito Putera: Pesta Gol Tanpa Ampun

Jumat, 14 Juli 2017 17:10 WIB
Editor: Arum Kusuma Dewi
 Copyright:

Bali United menjamu Barito Putera dalam laga lanjutan Gojek Traveloka Liga 1 2017 pekan ke-14 di Stadion Kapten I Wayan Dipta. Serdadu Tridatu berpesta dengan tak membiarkan Laskar Antasari untuk "bernapas", mencari celah untuk memberikan perlawanan nyata.

Babak I

Kedua tim langsung tampil beringas dan saling menebarkan ancaman. Peluang pertama dari Barito didapatkan dari tendangan bebas Rizky Pora. Namun penjagaan yang baik dari kiper tuan rumah, Wawan Hendrawan, membuat percobaan pertama ini mandul.

Serangan demi serangan kembali dilancarkan kedua tim, meski belum ada ancaman nyata yang membahayakan hingga menit 15 pertama.

Baca Juga

Barulah di menit ke-16, Sylvano Comvalius melepaskan tendangan keras dari luar kotak penalti. Namun lesakan berbahaya dari striker asal Belanda ini masih melebar tipis di atas tiang gawang. Lima menit berselang, Comvalius kembali mendapat peluang akibat penjagaan longgar dari pemain belakang Barito.

Memasuki pertengahan babak pertama, tempo permainan sedikit menurun. Comvalius masih beberapa kali menebarkan ancaman, tetapi terjebak offside sebelum sempat menuntaskan peluang.

© Twitter@BaliUtd
Bali United FC vs Barito Putera Copyright: Twitter@BaliUtdBali United FC vs Barito Putera.

Menit ke-36, pelanggaran pemain belakang Barito atas Marcos Flores berbuah petaka. Wasit memberikan tendangan bebas yang dieksekusi Fadil Sausu. Tendangan efektif dari pemain asal Palu ini tak mampu dijangkau Adhitya Harlan. Skor 1-0 untuk keunggulan tuan rumah di menit ke-38.

Wasit menambahkan waktu satu menit yang tak dimanfaatkan dengan baik oleh kedua tim untuk mengubah angka di papan skor. Serdadu Tridatu masih unggul 1-0 di akhir babak pertama. 

Babak II

Sudah memimpin di babak pertama tak membuat serangan Bali United mengendur. Menit 54, Comvalius kembali menunjukkan ketajamannya dengan menggandakan kedudukan bagi timnya. Memanfaatkan umpan crossing Marcos Flores, Comvalius melakukan sundulan tajam ke arah pojok gawang. Kiper Adhitya yang tak mampu menghalau bola, membuat Bali United kembali unggul 2-0.

Tertinggal, Jacksen Thiago memasukkan David Laly sebagai penambah kekuatan di menit ke-57. Pemain 25 tahun ini langsung menyerang dengan melepaskan tembakan ke arah gawang, tetapi masih mampu diblok.

Menit ke-61, Marcos Flores yang tampil on fire hari ini, akhirnya menyumbang angka ketiga untuk tim tuan rumah. Bola liar dari tendangan bebas Fadil Sausu langsung saja dimanfaatkan Marcos untuk membobol gawang Adhitya. Skor menjauh untuk Bali United.

Laga semakin panas saat pemain Barito melanggar Irfan Bachdim di menit ke-68. Irfan yang terlanjur geram, menyerang pemain tersebut hingga nyaris mencekiknya, padahal wasit telah mengeluarkan kartu kuning. Langsung saja wasit memberikan kartu merah untuk kakak ipar Kim Kurniawan itu.

Sudah unggul jauh, Bali United tak mau menyia-nyiakan setiap peluang yang masih menghampiri. Tendangan bebas Fadil Sausu membentur tiang gawang dan langsung saja bola rebound dituntaskan oleh Comvalius, tercatat sebagai golnya yang ke-10 di Liga 1. Skor 4-0 untuk tuan rumah di menit 78.

© Instagram @baliunitedfc
Selebrasi Irfan Bachdim dan Sylvano Comvalius usai mencetak gol perdana melawan Persib Bandung. Copyright: Instagram @baliunitedfcSelebrasi Irfan Bachdim dan Sylvano Comvalius usai mencetak gol perdana melawan Persib Bandung.

Menit 86, I Nyoman Sukarja dimasukkan untuk menggantikan Nick van der Velden. Keputusan yang tepat, mengingat empat menit kemudian, Sukarja menggenapi pesta gol Bali United. Mantan penyerang Persija Jakarta ini melepaskan tendangan mendatar yang mampu melewati hadangan kiper Barito.

Wasit memutuskan untuk memberi empat menit tambahan, tetapi skor 5-0 untuk keunggulan Bali United atas Barito Putera tak berubah.

SUSUNAN PEMAIN

Bali United (4-2-3-1): Wawan Hendrawan, Agus Nova, Ahn Byung-keon, Dias Angga Putra, I Made Andhika Pradana; Fadil Sausu, Nick van der Velden; Taufiq, Marcos Abel Flores Benard, Irfan Bachdim; Sylvano D. Comvalius.
Pelatih: Widodo C. Putro

Barito Putera (4-3-3): Adhitya Harlan, Valentino Telaubun, Muhammad Rifqi, Aaron Michael Evans, Dandi Maulana Abdulhak; Rizky Pora, Fajar Handika, Paulo Oktavianus; Douglas Ricardo Packer, Matias Cordoba, Dedy Hartono.
Pelatih: Jacksen F. Thiago

4.6K