Liga 1

(REVIEW) Sriwijaya 2-1 PS TNI: 3 Poin Berharga SFC

Jumat, 14 Juli 2017 20:40 WIB
Editor: Rendy Gusti
 Copyright:

Babak Pertama

Lanjutan Pekan ke-14 Gojek Traveloka Liga 1 2017 kali ini mempertemukan Sriwijaya FC kontra PS TNI di Stadion Gelora Sriwijaya Jakabaring, Palembang. Sejak menit pertama, skuat asuhan Hartono Ruslan selaku caretaker dari Laskar Wong Kito langsung melakukan serangan agresif.

Striker asal Brasil, Beto mendapatkan kesempatan emas setelah menerima umpan matang dari Hilton Moreira. Sayang, sepakannya masih belum menemui sasaran dari gawang PS TNI yang dikawal oleh Teguh Amiruddin. Serangan bertubi-tubi terus dilancarkan oleh Sriwijaya FC di 5 menit pertama.

Pada menit ke-15, sebuah tragedi berdarah terjadi yang melibatkan Bobby Satria dan Elio Martins. Kedua pemain tersebut saling berbenturan dalam perebutan bola udara. Hasilnya, kedua pemain itu terkapar dan terlihat darah segar yang keluar dari kepala pemain.

Pertandingan sempat terhenti sebentar untuk memberikan pertolongan medis untuk Bobby dan Martins. Keduanya pun melanjutkan permainan.

Striker Sriwijaya FC, Hilton Moreira nyaris saja membuka keunggulan untuk tuan rumah. Umpan silang yang dikirimkan oleh Beto berhasil ditanduk oleh pemain asal Brasil itu. Sayang, bola hasil sundulannya masih mengenai mistar gawang, dan saat ini skor masih 0-0 untuk kedua tim.

Baca Juga

Kapten Laskar Wong Kito, Bobby Satria akhirnya tumbang dan tak mampu melanjutkan pertandingan di menit ke-33. Pelatih Hartono Ruslan pun menggantinya dengan Indra Permana demi menghindari cedera yang lebih serius lagi.

Sesekali PS TNI melancarkan serangan berbahaya ke gawang Sriwijaya FC yang dikawal oleh Teja Paku Alam. Salah satunya adalah peluang yang didapatkan oleh Erwin Ramdani yang lolos dari jebakan offside. Sayang, sepakannya masih bisa dimentahkan oleh lini pertahanan SFC.

Tambahan waktu 2 menit yang diberikan oleh wasit Aprisman Aranda tak mampu dimaksimalkan kedua tim. Skor 0-0 masih menghiasi laga antara Sriwijaya FC kontra PS TNI pada pekan ke-14 Liga 1 2017 di Stadion Gelora Jakabaring, Palembang.

Babak Kedua

Memasuki babak kedua, giliran tim tamu, PS TNI yang memulai serangan. Guntur yang menyisir dari sisi kanan lapangan mengirimkan umpan ke dalam kotak penalti Sriwijaya FC. Sayang, Yanto Basna dengan sigap menghalau bola dan membuangnya jauh dari gawang.

Memasuki menit ke-58, Rizsky Ramadhana berhasil mengoyak jala gawang Teguh Amiruddin. Memanfaatkan skema tendangan bebas, sundulan pemain bernomor punggung 37 itu tak mampu dihalau sang kiper. Sayang, wasit tak mengesahkan gol tersebut karena sang pemain sudah lebih dahulu terjebak offisde.

2 menit berselang, giliran Beto yang mendapatkan peluang emas di depan gawang PS TNI. Setelah berhasil melewati Amiruddin, striker asal Brasil itu berhasil menceploskan bola ke dalam gawang. Tetapi, lagi-lagi SFC kembali terjebak perangkap offside sehingga wasit Aprisman Aranda tak mengesahkan gol tersebut.

Memasuki menit ke-60, kedua tim masih bermain sama kuat dan skor masih belum berubah 0-0. Meskipun memiliki peluang lebih banyak, para pemain Laskar Wong Kito tak memiliki serangan yang efektif. Dari 5 peluang tembakan yang dimiliki, tak ada satu pun yang mengarah ke gawang PS TNI.

Gol yang dinanti-nanti akhirnya datang juga. Pemain pengganti, Roni Sugeng berhasil memecah kebuntuan setelah mencetak gol di menit ke-74. Mendapatkan bola dari Erwin Ramdani di depan kotak penalti lawan, Sugeng berhasil melepaskan tembakan mendatar yang tak mampu dihentikan Teja Paku Alam.

Tak butuh waktu lama, kali ini giliran pemain pengganti Laskar Wong Kito, Airlangga Sucipto yang menyamakan kedudukan di menit ke-80. Mendapatkan umpan matang dari skema sepak pojok, pemain bernomor punggung 7 itu melakukan sepakan voli yang menghujam jala Teguh Amiruddin. Skor kembali imbang 1-1 antara Sriwijaya FC kontra PS TNI.

Bak kehilangan fokus, PS TNI kembali kebobolan untuk kedua kalinya. Melalui skema bola mati, skuat asuhan Hartono Ruslan membalikkan keadaan menjadi 2-1. Hilton Moreira mencatatkan namanya di papan skor pada menit ke-82 setelah mendapatkan bola matang di depan gawang lawan.

Wasit memberikan tambahan waktu 4 menit dalam laga pekan ke-14 antara Sriwijaya FC kontra PS TNI. Meskipun tim tamu memiliki peluang di sisa-sisa laga, namun pada akhirnya Laskar Wong Kito berhasil memenangkan laga dengan skor 2-1 dan mengamankan 3 poin.

Tambahan 3 poin dari laga tersebut tak membuat peringkat SFC beranjak dari tabel klasemen. Saat ini Hilton Moreira dan kawan-kawan masih tertahan di posisi 15 dengan mengumpulkan 17 poin. Namun, SFC masih memiliki peluang untuk merangsek naik ke posisi 10 besar karena masih menyisakan 1 laga sisa.

Susunan pemain Sriwijaya FC kontra PS TNI di Stadion Gelora Jakabaring, Palembang.

Sriwijaya FC

Teja Paku Alam; Zalnando, Bobby, Yanto Basna, Sandy Merauje; Ichsan Kurniawan, Tijani Belaid, Hafit Ibrahim; Rizsky Dwi, Beto, Hilton Moreira
Pelatih: Hartono Ruslan

PS TNI
Teguh Amiruddin; Facundo Talin, Ganjar Mukti, Manahati Lestusen, Abduh Lestaluhu; Guntur Triaji, Hong Soon-hak, Erwin Ramdani, Safri Irfandi; Gustur Cahyo, Elio Martins
Pelatih: Ivan Kolev

849