Liga 1 Indonesia

Kerap Jadi Korban, Persib Dukung Hadirnya Wasit Asing

Rabu, 19 Juli 2017 20:31 WIB
Kontributor: Gita Agiet | Editor: Rizky Pratama Putra
© Grafis: Eli Suhaeli/INDOSPORT
Persib Bandung dikerjai wasit saat kalah dari Madura United. Copyright: © Grafis: Eli Suhaeli/INDOSPORT
Persib Bandung dikerjai wasit saat kalah dari Madura United.

Caretaker Persib Bandung Herrie Setyawan sedikit lega lantaran wacana penggunaan wasit asing di Gojek Traveloka Liga 1 2017 akhirnya terlaksana. Menurutnya kompetisi sepakbola Indonesia jelas akan jauh lebih baik. 

Maklum sejauh ini beberapa tim yang berlaga di kompetisi tertinggi tanah air masih merasa kerap dirugikan oleh keputusan wasit pertandingan. Termasuk Persib Bandung yang merasa kecewa dengan keputusan kontroversial wasit Kusni pada laga kontra Madura United pada pekan ke-13.

© Muhammad Ginanjar/INDOSPORT
Caption Copyright: Muhammad Ginanjar/INDOSPORTHerrie Setyawan berharap ada peningkatan signifikan dengan hadirnya wasit asing.

Dua gol dianulir, dan satu hadiah penalti diberikan untuk lawan. Penggunaan wasit asing ini diharapkan bisa memberikan warna tersendiri bagi kompetisi yang berkualita.

"Masalah wasit itu klasik. Tapi Insya Allah ke depan akan lebih baik, dan mudah-mudahan wasit asing yang datang qualified. Benar-benar didatangkan karena bagus. Jangan hanya karena warna kulit," ujar Herrie di Mes Persib Ahmad Yani Bandung, Rabu (19/07/17).

Baca Juga:

Pelatih yang akrab disapa Jose ini juga berharap di laga melawan Persija Jakarta yang akan digelar di Stadion Gelora Bandung Lautan Api (GBLA), Gedebage, Bandung, Sabtu (22/07/17) dapat dipimpin wasit yang fair tanpa mementingkan satu klub.

"Saya harap wasit nanti tegakkan aja rule of the game. Junjung tinggi fair play. Semua perangkat pertandingan. Saya harap wasit yang benar-benar lah," harapnya

© Muhammad Ginanjar/INDOSPORT
Dukungan Persib Bandung. Copyright: Muhammad Ginanjar/INDOSPORTPersib Bandung mengaku kerap mendapat keputusan kontroversial dari wasit.

PT Liga Indonesia Baru (LIB) memutuskan bakal memakai jasa wasit dari luar negeri pada putaran kedua yang berlangsung mulai 4 Agustus 2017. Keputusan ini diambil sebagai bagian dari upaya peningkatan kualitas kompetisi.

Nantinya, sekitar 50 persen pertandingan per pekan akan dipimpin wasit asing. Kini, PT LIB tengah berkomunikasi dengan AFC dan UEFA untuk nama-nama wasit yang akan didatangkan.

187