Liga 1

Bintang Arema Dukung Kehadiran Wasit Asing di Liga 1

Kamis, 20 Juli 2017 04:28 WIB
Penulis: Lanjar Wiratri | Editor: Tengku Sufiyanto
© Ian Setiawan/INDOSPORT
Adam Alis saat berjuang melepaskan diri dari penjagaan ketat Boby Satria. Copyright: © Ian Setiawan/INDOSPORT
Adam Alis saat berjuang melepaskan diri dari penjagaan ketat Boby Satria.

Bintang lapangan tengah Arema FC, Adam Alis Setyano, memberikan tanggapannya terkait kebijakan Operator Gojek Traveloka Liga 1, PT Liga Indonesia Baru (LIB), yang akan menggunakan wasit asing pada putaran kedua Liga 1.

Mantan pemain Persija Jakarta tersebut menyambut baik penggunaan wasit asing di Liga 1. Sebab, ia menilai kinerja wasit lokal banyak kekurangan selama memimpin pertandingan.

"Ya bagus sih, lebih profesional mungkin pemain juga nantinya tidak akan banyak protes lagi," ujar Adam saat dihubungi INDOSPORT.

Rencananya, penggunaan wasit asing tersebut akan disesuaikan,  yakni 50 persen dari jumlah pertandingan tiap pekan. PT LIB juga menjelaskan wasit asing yang digunakan nanti adalah yang berlisensi FIFA dan akan berkolaborasi dengan wasit lokal.

Baca Juga:

Adam pun berharap kehadiran wasit asing di putaran kedua Liga 1 nanti akan memberikan iklim kompetisi yang lebih sehat lagi. Adam ingin agar PSSI maupun PT LIB juga memikirkan kualitas wasit asing yang nantinya akan diperbantukan untuk putaran kedua.

"Kalau wasit lokal banyak kekurangan, saya sih belum puas, mudah-mudahan wasit luar nanti bisa buat sepakbola lebih maju," tutupnya.

Keputusan untuk menggunakan jasa wasit asing tampaknya dilatari oleh banyaknya klub yang mempertanyakan kualitas wasit lokal di setiap laga yang dijalani. Ada beberapa kejadian di lapangan yang kadang lewat dari pengamatan wasit. Klub seperti Persija Jakarta, PSM Makassar, Persib Bandung dan lainnya secara terang-terangan melakukan protes ke PSSI dan PT LIB, terkait kinerja wasit lokal selama ini.

599