INTERNATIONAL CHAMPIONS CUP

Juventus 1-2 Barcelona: Debut Apik Valverde

Minggu, 23 Juli 2017 07:17 WIB
Editor: Arum Kusuma Dewi
© Twitter/JuventusFC
Juventus vs Barcelona di babak kedua. Copyright: © Twitter/JuventusFC
Juventus vs Barcelona di babak kedua.

Babak Pertama

Juventus dan Barcelona saling berjibaku dalam tur pramusim di kompetisi International Champions Cup (ICC) di MetLife Stadium, New Jersey. Kedua tim terlihat tidak menurunkan pemain terbaiknya, seperti Juventus yang tak memainkan Gonzalo Higuain, Miralem Pjanic, dan juga Paulo Dybala.

Sedangkan Barcelona terlihat memilih untuk menggunakan Paco Alcacer terlebih dahulu dibandingkan Luis Suarez dan melengkapi susunan trio MSN (Messi, Suarez, Neymar).

Baca Juga

Pada menit ke-8, Barcelona mendapatkan kesempatan untuk mencetak gol melalui tendangan bebas. Sayang, sepakan yang dilakukan Lionel Messi masih belum menemui sasaran dan melebar dari gawang Gianluigi Buffon. Aleix Vidal yang juga sudah kembali dari cedera panjang memiliki peluang untuk mencetak gol, sayang sepakannya masih bisa dihentikan.

Barcelona akhirnya berhasil unggul lebih dahulu di menit ke-15 melalui bintang mereka, Neymar. Memanfaatkan umpan dari Paco Alcacer, pesepakbola asal Brasil itu bermain umpan satu-dua dengan mantan pemain Valencia itu dan membobol gawang Buffon dengan sepakan kaki kanannya.

Tak cukup satu gol, Neymar kembali mencatatkan namanya di papan skor pada menit ke-26. Kali ini Lionel Messi menjadi pendulang assist bagi mantan pemain Santos itu.

Mendapatkan bola di dalam kotak penalti Juventus, Neymar dengan licin meliuk-liuk indah dan membuat para pemain Juventus kelabakan. Setelahnya, pesepakbola berusia 25 tahun itu mencetak gol dengan sepakan kaki kanan keras yang tak mampu dihentikan kiper lawan.

Tertinggal 2 gol membuat Juventus mencari cara untuk mempertipis jarak dengan Barcelona. Sayang, peluang yang didapatkan Mario Mandzukic di menit ke-40 masih belum bisa menembus pertahanan ketat yang diperlihatkan oleh anak-anak asuh Ernesto Valverde.

Neymar sempat mendapatkan kesempatan mencetak hattrick di babak pertama ini pada menit ke-42. Namun, Gianluigi Buffon dengan sigap berhasil mengamankan gawangnya dari gempuran striker asal Brasil tersebut.

Babak Kedua

Tertinggal di babak pertama, Bianconeri memasukkan Dybala, Cuadrado, Higuain, Sandro, dan Costa sebagai tambahan kekuatan. Sementara Barcelona mengganti Rakitic dan Cillessen dengan Alena dan Ortola di awal babak kedua ini.

Juventus akhirnya mendapat gol pertama saat Chiellini melayangkan sundulan dari tendangan sudut Dybala. Skor 1-2 di menit ke-62.

Masuknya Dybala dan Costa membuat perlawanan Juventus menjadi lebih hidup. Kiper baru Wojciech Szczesny yang menggantikan Buffon juga melakukan tugasnya dengan baik. Berulang kali ia menahan gempuran dari Suarez dkk.

Serangan dari kedua tim masih alot hingga menit-menit terakhir. Namun dua menit tambahan dari wasit tak mampu dimanfaatkan dengan baik oleh keduanya sehingga papan skor tak berubah. Skor 2-1 untuk kemenangan Barca dengan debut pelatih barunya, Ernesto Valverde.

Barcelona kini berada di peringkat dua klasemen sementara dengan tiga poin, hanya terpaut selisih satu gol dari pemuncak klasemen, Manchester United.

SUSUNAN PEMAIN

Juventus
Buffon, Benatia, Khedira, Marchisio, Barzagli, Mandzukic, Lemina, Asamoah, Lichsteiner, Sturaro, Bentancur
Cadangan: Chiellini, Pjanic, Cuadrado, Higuain, Costa, Pinsoglio, Sandro, Dybala, Rugani, Rincon, Leali, Del Favero, Untersee, Kean, Coccolo, Rosseti, Romagna, Caligara
Pelatih: Massimiliano Allegri

Barcelona
Cillessen, Pique, Rakitic, Iniesta, Messi, Neymar, Mascherano, Alcacer, Digne, Vidal, Samper
Cadangan: Marlon, Busquets, Denis Suarez, Arda Turan, Luis Suarez, Sameda, Vermaelen, Alena, Alba, Sergi Roberto, Umtiti, Ortola Vano, Douglas, Munir, Ezquieta
Pelatih: Ernesto Valverde

IDS Emoticon Suka
Suka
50%
IDS Emoticon Takjub
Takjub
0%
IDS Emoticon Lucu
Lucu
0%
IDS Emoticon Kaget
Kaget
0%
IDS Emoticon Aneh
Aneh
50%
IDS Emoticon Takut
Takut
0%
IDS Emoticon Sedih
Sedih
0%
IDS Emoticon Marah
Marah
0%