PSSI Ambil Alih Denda AFC untuk Gelandang Timnas U-22

Rabu, 26 Juli 2017 16:55 WIB
Penulis: Petrus Manus Da' Yerimon | Editor: Rizky Pratama Putra
 Copyright:

Sekjen Federasi Sepakbola Indonesia, PSSI, Ratu Tisha Destria memastikan pihaknya akan menangani masalah terkait denda puluhan juta yang dijatuhkan Konfederasi Sepakbola Asia (AFC) kepada gelandang Tim Nasional (Timnas) U-22 Indonesia, Asnawi Mangkualam Bahar. 

Ratu Tisha menjelaskan kalau PSSI akan mengurus semua hal administrasi mengenai sanksi yang diterima Asnawi. Namun, terlebih dahulu PSSI akan melakukan pertemuan dengan Komisi Disiplin (Komdis) PSSI dan juga berdiskusi dengan pemain yang bersangkutan.

© Indosport/Da Yerrimon
Pemain Timnas U-22 Asnawi Mangkualam mendapatkan hukuman dari AFC. Copyright: Indosport/Da YerrimonPemain Timnas U-22 Asnawi Mangkualam mendapatkan hukuman dari AFC.

"Tentu itu (denda) menjadi tanggung jawab PSSI untuk menyelesaikan. Tapi tentunya kami akan berdiskusi dengan yang bersangkutan," ujar Ratu Tisha.

Baca Juga:

"Hari Kamis (27/07) besok kita akan rapat dengan Komdis dan pasti ada tindak lanjutnya," sambungnya.

© Petrus Manus Da Yerimon/INDOSPORT
Sekjen PSSI, Ratu Tisha. Copyright: Petrus Manus Da Yerimon/INDOSPORTSekjen PSSI, Ratu Tisha.

Sebelumnya Asnawi Mangkualam mendapatkan sanksi berupa larangan bertanding di dua laga internasional dan denda senilai Rp13,3 juta dari Konfederasi Sepakbola Asia (AFC). Hal itu terjadi karena kartu merah yang diterima gelandang milik PSM Makassar itu saat berhadapan dengan Malaysia pada 19 Juli lalu di kualifikasi Piala Asia U-23 2018.

Asnawi dianggap melakukan pelanggaran Pasal 47 tentang Kode Etik dan Disiplin AFC. Namun terkait hukuman larangan tanding dalam dua laga beruntun, hal itu sudah dijalani Asnawi, yakni masing-masing ketika Timnas U-22 melawan Mongolia (21/07/17) dan Thailand (23/07/17) di ajang yang sama.