Liga 1

Persela 3-2 Barito: Joko Tingkir Tembus 10 Besar

Jumat, 28 Juli 2017 17:21 WIB
Editor: Ivan Reinhard Manurung
© INDOSPORT
Hasil pertandingan Persela Lamongan vs Barito Putera. Copyright: © INDOSPORT
Hasil pertandingan Persela Lamongan vs Barito Putera.

Babak Pertama

Berstatus tuan rumah membuat para pemain Persela Lamongan sudah gencar melakukan serangan berbahaya ke jantung pertahanan Barito Putera. Dimotori Saddil Ramdani di lini tengah, beberapa kali nyaris mengancam gawang yang dijaga Aditya Harlan.

Sayang, hingga 20 menit babak pertama berlalu, ketatnya pertahanan Laskar Antasari membuat setiap percobaan Persela untuk membuka keunggulan selalu menemui jalan buntu.

Barulah di menit ke-25, Laskar Joko Tingkir membuat publik yang memenuhi Stadion Surajaya bersorak gembira, setelah Jose Manuel Barbosa Alves mampu membobol gawang Persiba.

Dengan lincah, penyerang asal Portugal tersebut menggiring bola hingga ke dalam kotak penalti Barito Putera, sebelum kemudian melepaskan sepakan keras kaki kanan. Skor menjadi 1-0 untuk keunggulan Persela.

Enam menit berselang, Persela sukses menambah keunggulannya menjadi 2-0 atas Barito. Memanfaatkan bola mentah di udara, dengan cermat Samsul Arif melepaskan sebuah tendangan salto yang tidak mampu dihentikan Aditya Harlan.

Barito sempat memperkecil ketertinggalannya di menit ke-33. Memanfaatkan umpan lambung dari Rizky Pora, Gavin Kwan Adsit yang berada dalam kotak penalti mampu menyundul bola yang mampu menembus gawang Persela.

Skor 2-1 untuk keunggulan Persela atas Barito itu pun bertahan hingga peluit tanda berakhirnya babak pertama dibunyikan.

Babak Kedua

Sekembalinya dari ruang ganti, Persela yang sudah unggul satu gol atas Barito mencoba memainkan kembali permainan menyerang demi menambah pundi-pundi golnya.

Namun, keputusan Herry Kiswanto yang menarik mundur Eka Ramdani dan menggantinya dengan Juan Revi sedikit memengaruhi kreatifitas serangan Persela.

Akibatnya, alih-alih menambah keunggulannya atas Barito, Persela justru harus merelakan gawangnya kebobolan dan membuat kedudukan menjadi imbang 2-2 di menit ke-81.

Adalah Rizky Pora yang berhasil mencatatkan namanya di papan skor setelah sebelumnya mencetak assists untuk gol Gavin. Memanfaatkan umpan silang dari David Laly, pemain kelahiran 22 November 1989 itu mampu mengonversikannya menjadi gol.

Menjelang tiga menit berakhirnya waktu normal petandingan, bintang muda Persela, Fahmi Al Ayyubi muncul sebagai pahlawan Laskar Joko Tingkir. Memanfaatkan situasi kemelut di depan gawang, Fahmi mampu memaksa Aditya Harlan kembali memungut bola dari gawangnya. Skor 3-2 untuk kemenangan Persela pun menutup jalannya laga.

Atas torehan tiga poin dari Barito, Persela kini mampu menembus peringkat delapan besar klasemen sementara Liga 1 dengan koleksi 24 poin. Sementara, Barito berada di peringkat sembilan dengan torehan poin yang sama.

Susunan Pemain Kedua Tim:

Persela Lamongan (4-3-3): Choirul Huda, Ahmad Walidan, Samsul Arifin, Zainal Haq, Rio Valentino, Agung Pribadi, Saddil Ramdani, Fahmi Al Ayyubi, Eka Ramdani, Jose Barbosa, Samsul Arif.
Cadangan: Ferdiansyah, Edy Gunawan, Taufiq Kasrun, Aaang Suparman, Juan Revi, Zainal Arifin, Bima Nandaka.
Pelatih:  Heri Kiswanto.

Barito Putera (4-4-2): Aditya Harlan, Muhammad Rifqi, Hansamu Yama, Michael Evans, Dandi Maulana, Rizky Pora, Gavin Adsit, Fajar Handika, Paulo Oktavianus, Douglas Packer, Matias Cordoba.
Cadangan: Shahar Ginanjar, Daniel Tata, Syahroni, Amirul Mukminin, David Laly, Dedy Hartono, Yongky Aribowo.
Pelatih: Jacksen F. Tiago.

2.7K