Pertandingan Persahabatan

Tottenham 2-0 Juventus: Si Nyonya Tua Dipatok Ayam London

Minggu, 6 Agustus 2017 01:48 WIB
Editor: Yohanes Ishak
© Getty Images
Selebrasi pemain Tottenham Hotspur usai mencetak gol ke gawang Juventus. Copyright: © Getty Images
Selebrasi pemain Tottenham Hotspur usai mencetak gol ke gawang Juventus.

Harry Kane dan Christian Eriksen berhasil memberikan kemenangan untuk Tottenham Hotspur atas juara Serie A Italia 2016/17, Juventus.

Kemenangan ini tentunya memberikan mereka semangat untuk mengawali Liga Primer Inggris 2017/18 pekan pertama saat melawan tuan rumah Newcastle United di St. James Park pada pekan depan.

Babak Pertama

Begitu wasit meniup peluit tanda dimulainya pertandingan, tim London Putih langsung bermain menyerang melalui pergerakan pemain cepat mereka, seperti Dele Alli, Harry Kane, dan Mousa Dembele.

Pada awal-awal laga, Juve masih tetap sigap menjaga gempuran dari tim tuan rumah. Namun pada akhirnya, gawang mereka kebobolan juga saat pertandingan baru memasuki menit ke-10.

Adalah Harry Kane yang berhasil memanfaatkan umpan dari Kieran Trippier. Bola hasil sundulannya tak mampu dijangkau oleh kiper veteran Juventus, Gianluigi Buffon.

Skor 1-0 membuat Tottenham sedikit di atas angin dalam mengendalikan permainan. Mereka berkali-kali mampu melepaskan serangan demi serangan.

Juventus sendiri bukannya tanpa peluang. Pada pertengahan babak pertama, klub berjuluk Si Nyonya Tua sempat memberikan ancaman melalui striker mereka, Gonzalo Higuain.

Sayangnya, usaha striker Argentina ini tak berbuah gol, karena kiper Tottenham Hotspur, Hugo Lloris berada dalam posisi yang tepat untuk menjaga gawangnya.

Jual beli serangan disuguhkan oleh kedua tim. Namun, hingga babak pertama berakhir, skor 1-0 untuk keunggulan Tottenham atas Juventus tak berubah.

Babak Kedua

Usai turun minum, pelatih Juve, Massimiliano Allegri mengganti sejumlah pemainnya. Hasilnya cukup terbukti, Bianconeri sempat beberapa kali menebarkan ancaman.

Saat laga baru memasuki tiga menit, Paulo Dybala nyaris menyamakan kedudukan andai peluangnya tidak melebar.

Hanya berselang beberapa menit. Tim tuan rumah berhasil menggandakan keunggulan. Kali ini berasal dari Erikssen yang mencantumkan namanya di papan skor.

Berawal dari kesalahan yang dilakukan lini pertahanan Juve, tim asal London Utara yang berlogo ayam jantan ini langsung memanfaatkannya menjadi gol pada menit ke-51.

Tak mau pulang dengan hasil kekalahan, Juve mencoba untuk bangkit. Melalui Dybala dan pemain yang baru dimainkan pada babak kedua, Juan Cuadrado, Bianconeri mampu memainkan permainan yang cepat nan atraktif.

Sayangnya, usaha mereka tak ada yang berbuah menjadi gol. Begitu pula dengan Tottenham Hotspur yang mencoba untuk memperlebar kedudukan.

Skor 2-0 pun menjadi hasil akhir dan runner up Liga Primer Inggris 2016/17, Tottenham Hotspur berhasil menang atas juara Serie A Italia 2016/17, Juventus.

SUSUNAN PEMAIN

Tottenham Hotspur

Lloris; Alderweireld, Vertonghen, Dier, Davies, Trippier (Carter-Vickers 41’), Sissoko (Georgiou 66’), Alli (Winks (66’), Kane (Janssen 78’), Eriksen (Oakley-Bothe 90’), Dembele (Wimmer 90’)

Pelatih: Mauricio Pochettino

Juventus

Buffon (Pinsoglio 76’), Sandro (Asamoah 46’), Pjanic (Marchisio 46’), Mandzukic (Cuadrado 46’), Khedira (Bentancur 76’), Higuain (Kean 76’), Dybala

Pelatih: Massimiliano Allegri

3.1K