Piala Super Spanyol Akan Dihentikan Selama Dua Menit

Sabtu, 12 Agustus 2017 14:55 WIB
Editor: Agus Dwi Witono
© PIERRE-PHILIPPE MARCOU/AFP/Getty Image
Bek Barcelona Gerard Pique (atas kiri) mengepalai bola dengan pemain Real Madrid Karim Benzema Copyright: © PIERRE-PHILIPPE MARCOU/AFP/Getty Image
Bek Barcelona Gerard Pique (atas kiri) mengepalai bola dengan pemain Real Madrid Karim Benzema

Federasi Sepakbola Spanyol (RFEF) akan menerapkan aturan baru menjelang dihelatnya laga Piala Super Spanyol antara Barcelona kontra Real Madrid pada Minggu (13/08/17). Seperti dilansir AS, RFEF sudah memberikan lampu hijau untuk menerapkan aturan water break dalam sepakbola Spanyol.

Rupanya pihak RFEF mempelajari sistem yang diterapkan UEFA di laga Piala Super Eropa. Dalam laga tersebut, kedua tim yang bertanding diberi waktu untuk minum di tengah pertandingan selama dua menit.

© INDOSPORT
Pelatih Man United, Jose Mourinho memberikan arahan kepada tim besutannya saat sedang water break. Copyright: INDOSPORTPelatih Man United, Jose Mourinho memberikan arahan kepada tim besutannya saat sedang water break.

Aturan ini diambil RFEF karena merasakan cuaca di wilayah Spanyol saat ini terbilang sangat panas. Rata-rata suhu di siang hari di Spanyol saat ini selalu berada di atas 40 derajat celsius. Bahkan di malam hari pun suhu masih tetap terasa panas. Bisa berkisar di 40 derajat celcius juga.

Untuk mengantisipasi suhu yang tinggi belakangan ini, RFEF akhirnya mengizinkan penerapan sistem water break atau cooling break dalam laga Piala Super Spanyol. Meskipun laga tersebut berlangsung malam hari.

Namun, aturan ini akan bisa dilaksanakan jika disetujui oleh kedua tim yang akan bertanding. Kemudian, water break baru bisa dilakukan jika pertandingan sudah melewati 25 menit dalam setiap babak. Nantinya, dalam setiap babak, wasit akan menghentikan pertandingan selama dua menit untuk memberi kesempatan kepada para pemain beristirahat sejenak. Saat dilakukan water break, waktu pertandingan otomatis dihentikan untuk sementara.

IDS Emoticon Suka
Suka
38%
IDS Emoticon Takjub
Takjub
13%
IDS Emoticon Lucu
Lucu
25%
IDS Emoticon Kaget
Kaget
0%
IDS Emoticon Aneh
Aneh
0%
IDS Emoticon Takut
Takut
0%
IDS Emoticon Sedih
Sedih
0%
IDS Emoticon Marah
Marah
25%