Menang di Hari Ultah, Indonesia Catat Memori Indah 49 Tahun yang Lalu

Kamis, 17 Agustus 2017 23:42 WIB
Editor: Cosmas Bayu Agung Sadhewo
© Grafis: Eli Suhaeli/INDOSPORT/kualalumpur2017.com
Skuat Timnas U-22. Copyright: © Grafis: Eli Suhaeli/INDOSPORT/kualalumpur2017.com
Skuat Timnas U-22.

Pada malam ini, para masyarakat Indonesia terutama pencinta sepakbola tengah berbangga. Pasalnya, Skuat Garuda Muda berhasil memberikan kado manis kepada masyarakat Tanah Air dengan kemenangan telak 3-0 atas Filipina.

Selain tiga poin penting Tim Nasional (Timnas) Indonesia di Grup B SEA Games 2017, kemenangan tersebut terasa sangat manis untuk masyarakat Indonesia. Bagaimana tidak, kemenangan ini terjadi di hari ulang tahun Republik Indonesia yang ke-72.

© Dokumentasi PSSI
Aksi Saddil Ramdani di laga Indonesia U-22 vs Filipina U-22 Copyright: Dokumentasi PSSIAksi Saddil Ramdani di laga Indonesia U-22 vs Filipina U-22

Namun ternyata, kemenangan Timnas Sepakbola di hari kemerdekaan bukanlah hal yang baru. Tepat pada hari ini, 49 tahun yang lalu, Indonesia juga berhasil meraih kemenangan atas lawan kuat Korea Selatan dalam kejuaraan Turnamen Merdeka 1968.

Sekadar informasi, Turnamen Merdeka merupakan turnamen sepakbola yang digelar oleh Malaysia, dalam rangka memperingati hari kemerdekaan Negeri Jiran tersebut. Pada tahun 1968, terdapat 12 negara yang turut berpartisipasi, di antaranya adalah Indonesia.

Pada 49 tahun yang lalu, Indonesia berada di Grup A bersama dengan Australia, Korea Selatan, Jepang, Taiwan, dan Singapura. Pada tanggal 17 Agustus 1968, Indonesia berhasil mengalahkan Korea Selatan dengan skor 4-2 di Stadion Merdeka, Kuala Lumpur.

Keganasan Indonesia kala itu tidak hanya ditampilkan saat mengalahkan Korea Selatan saja, namun juga saat mengalahkan Jepang 7-0, Taiwan 10-1, serta Singapura dengan skor 4-0.

© Bola.com
Skuat Timnas Indonesia di Turnamen Kemerdekaan 1968, bersama Presiden Soeharto. Copyright: Bola.comSkuat Timnas Indonesia di Turnamen Kemerdekaan 1968, bersama Presiden Soeharto.

Sempat menjadi jawara Grup A dengan raihan 8 poin dan selisih jumlah gol yang mencapai angka 21, Indonesia justru kandas di tangan Myanmar pada laga semifinal dengan skor 1-2.

Seakan kehabisan bensin, dalam babak perebutan juara ketiga pun mereka dikalahkan oleh Australia dengan skor 1-3. Indonesia yang kala itu masih diperkuat oleh Abdul Kadir pun harus puas menjadi yang terbaik keempat di Turnamen Merdeka edisi 1968.

Dalam ajang SEA Games 2017 nanti, Indonesia berpotensi untuk meraih 3 poin penuh pada pertandingan selanjutnya kala besua Timor Leste di Stadion Majlis Perbandaran Selayang, Malaysia, pada Minggu (20/08/17) sore WIB.

2.3K