SEA Games 2017

Nagor Amir, Wasit Malaysia 'Nyebelin' di Laga Indonesia vs Timor Leste

Minggu, 20 Agustus 2017 23:17 WIB
Editor: Gregah Nurikhsani Estuning
© FIFA Referees News
Nagor Amir Bin Noor Mohamed. Copyright: © FIFA Referees News
Nagor Amir Bin Noor Mohamed.

Timnas Indonesia mengemas kemenangan penting atas Timor Leste dengan skor tipis 1-0. Tambahan tiga poin tersebut dibayar mahal lantaran Evan Dimas terpaksa absen di laga melawan Vietnam menyusul kartu kuning yang diterimanya jelang laga berakhir.

Aktor di balik kacaunya pertandingan itu adalah Nagor Amir Bin Noor Mohamed, wasit asal Malaysia. Ketidaktegasannya dalam memimpin laga membuat pemain Timor Leste leluasa dalam melancarkan 'serangan' ke pemain Indonesia.

Wasit asal negeri jiran ini juga dianggap tidak tegas dari awal pertandingan. Mulai dari saat Filipe Oliveira terus mengejar Kartike Ajie, kiper Indonesia. Padahal bola sudah di tangan Kartika.

Puncaknya adalah ketika dua pemain Timnas U-22, Evan Dimas Darmono dan Septian David Maulana tergeletak di menit 90+3 karena menerima perlakuan kasar pemain lawan. Mirisnya, Evan yang ditendang dan dikasari pemain Timor Leste, Filipe Oliveira, justru mendapat kartu kuning.

Sejumlah netizen lantas menyerang keputusan wasit ini di sosial media. Lalu, siapa dan bagaimana track record Nagor Amir di rumput hijau? Ini profil singkatnya:

Lahir tanggal 2 Mei 1983, Nagor Amir merupakan wasit AFF International. Ia beberapa kali memimpin partai-partai penting, seperti Liga Champions Asia sejak 2013.

Sejak tahun itu pula, 22 kartu kuning dan satu kartu merah ia keluarkan dari kantungnya. 'Hebatnya', ia pernah mengeluarkan 10 kartu kuning di dua pertandingan, yang menunjukkan bahwa Nagor Amir memang wasit 'bertangan besi'.

© Facebook/Nagor Amir Noor Mohamed
Nagor Amir Noor Mohamed. Copyright: Facebook/Nagor Amir Noor MohamedNagor Amir Noor Mohamed.

Selain Liga Champions Asia, Nagor Amir juga pernah menjadi wasit di AFC President Cup 2012, WAFF Championship dan AFC Challenge Cup, semuanya tahun 2014 silam.

Memiliki perawakan kurus dan muka lumayan 'nyebelin' dan di laga antara Timnas Indonesia melawan Timor Leste agak kurang tegas, Nagor Amir tetaplah seorang wasit profesional berlisensi FIFA.

Lisensi tersebut ia dapatkan pada tahun 2011. Ajang SEA Games tentunya membutuhkan jasa wasit FIFA seperti Nagor ini.

© Facebook/Nagor Amir Noor Mohamed
Nagor Amir Bin Noor Mohamed. Copyright: Facebook/Nagor Amir Noor MohamedNagor Amir Bin Noor Mohamed.

Sedikit masuk ke ranah keluarga, ternyata Nagor Amir sudah memiliki seorang sitri dan anak yang lucu.

Puncak keberhasilan Nagor Amir di dunia perwasitan mungkin adalah tahun 2013 silam. Ia menerima penghargaan sebagai wasit terbaik di ajang National Football Award.

38