Terungkap, Sosok yang Pengaruhi Rooney untuk Pensiun dari Timnas Inggris

Kamis, 24 Agustus 2017 18:27 WIB
Penulis: Lanjar Wiratri | Editor: Yohanes Ishak
 Copyright:

Legenda Timnas Inggris, Alan Shearer, ternyata menjadi sosok yang memberikan banyak pengaruh bagi Rooney agar pensiun dari skuat The Three Lions.  Nyatanya, menurut Shearer, Rooney telah sejak jauh hari merencanakan untuk mundur dari Timnas Inggris.

Terlebih sejak mantan bintang Manchester United itu kembali bergabung dengan mantan klubnya, Everton. Penyerang berkepala plontos itu ingin fokus untuk mengembalikan kejayaan klub asal Merseyside tersebut.

© INTERNET
Caption Copyright: INTERNETAlan Shearer

“Alasan saya menasihatinya untuk berhenti bermain bagi Inggris setelah Euro musim panas lalu adalah karena saya pernah merasakan hal itu dan merasa banyak yang diuntungkan, tapi pastinya Anda tidak akan pernah mau pergi (dari Timnas) dan tak pernah ingin hari itu tiba,” ujar Shearer seperti dilansir dari The Sun.

“Tapi sayangnya, umur akan menjadi ganjalan kita. Saya berhenti bermain untuk Timnas Inggris setelah Euro 2000 saat usia saya menginjak 29 tahun. Saya mengalami tiga kali cedera yang serius, jadi saya tidak punya pilihan lain,” tambah Shearer.

Shearer tampaknya sangat mengerti perasaan Rooney yang mungkin belum ingin pensiun dari Timnas Inggris, terlebih menjelang Piala Dunia 2018. Keputusan untuk mengakhiri karier dalam tim merupakan hal tersulit yang harus dilakukan pesepakbola.

“Mengenai Wayne, saya yakin dia akan merasa sulit tidak bersama Inggris di Rusia tahun depan. Saya tahu dari pengalaman pribadi yang hanya bisa duduk di rumah dan melihat negara Anda bertanding,” ungkap mantan pemain Newcastle United tersebut.

Sebagai informasi, Wayne Rooney mengawali debutnya bersama Timnas Inggris senior pada tanggal 12 Februari 2003 lalu. Saat itu ia masih berusia 17 tahun 3 bulan 19 hari, namun sudah dipercaya oleh pelatih Timnas Inggris, Sven-Goran Eriksson.

Lebih dari 14 tahun membela The Three Lions, Rooney telah sukses mencetak 53 gol dan 22 assists dalam 119 pertandingan di seluruh pertandingan, baik dalam kompetisi resmi maupun ajang persahabatan.

© Instagram Wayne Rooney
Wayne Rooney, telah memutuskan pensiun dari Timnas Inggris. Copyright: Instagram Wayne RooneyWayne Rooney, telah memutuskan pensiun dari Timnas Inggris.