SEA Games 2017

Best Eleven SEA Games 2017 Sepakbola

Rabu, 30 Agustus 2017 19:08 WIB
Editor: Gregah Nurikhsani Estuning
© Grafis: Eli Suhaeli/INDOSPORT
Starting Terbaik SEA Games 2017. Copyright: © Grafis: Eli Suhaeli/INDOSPORT
Starting Terbaik SEA Games 2017.

SEA Games 2017 cabang olahraga sepakbola telah berakhir. Timnas Indonesia, sayangnya, harus kembali menelan pil pahit karena hanya mampu meraih medali perunggu usai mengalahkan Myanmar dengan skor 3-1.

Keluar sebagai juara adalah Thailand. Status jawara Asia Tenggara nampaknya memang layak disematkan kepada Worawut Namvech dan kawan-kawan karena lagi-lagi menjadi yang terbaik.

Sementara tuan rumah Malaysia kembali menjadi runner up dan harus puas dengan raihan medali perak. Meski bermain di depan puluhan ribu pendukungnya, gol bunuh diri kiper Haziq Nadzli cukup untuk menangkan Thailand.

INDOSPORT telah merangkum 11 pemain terbaik di semua posisi. Siapa saja mereka?

 

Starting XI terbaik SEA Games 2017 versi Indosport. Kalau versi kamu gimana guys? #SeaGames2017 #TimnasIndonesia

A post shared by indosport.com (@indosportcom) on

  • Kiper: Satria Tama (Indonesia)

Di sektor penjaga gawang, Satria Tama muncul sebagai pemain yang mencuat. Kepiawaiannya di bawah mistar gawang membawa Timnas Indonesia U-22, meski gagal raih final, menjadi salah satu kekuatan terbaik di SEA Games 2017.

Sebenarnya agak sulit ketika harus menentukan siapa kiper terbaik, sebab Thailand punya Nont Muangngam yang juga tak kalah hebat. Selain itu ada pula Kartika Ajie yang bermain fantastis sepanjang SEA Games 2017 Malaysia.

  • Bek: Hoang van Khanh (Vietnam), Hansamu Yama (Indonesia), Worawut Namvech (Thailand), Rezaldi Hehanusa (Indonesia)

Duo Indonesia, Hansamu Yama dan Rezaldi Hehanusa layak masuk deretan empat pemain terbaik. Hansamu yang merupakan kapten Garuda Muda berhasil memimpin rekan-rekannya meski sempat mendapatkan akumulasi kartu kuning.

© Grafis:Yanto/Indosport/Bolalob
Rezaldi Hehanusa Copyright: Grafis:Yanto/Indosport/BolalobRezaldi Hehanusa.

Lalu ada Hehanusa yang berhasil melesakkan gol cantik ke gawang Myanmar di perebutan medali perunggu. Dua pemain lainnya adalah Hoang van Khanh dan Worawut Namvech.

Van Khanh sebenarnya adalah seorang bek tengah, namun di SEA Games kali ini, ia kerap memainkan peran sebagai bek kanan. Kecerdikannya baik ketika bertahan mau pun membantu penyerangan merupakan yang terbaik, meski pada akhirnya Vietnam gagal lolos ke semifinal.

  • Tengah: Thanabalan (Malaysia), Evan Dimas (Indonesia), Picha U-Tra (Thailand)
© Indosport,com
Selebrasi pemain Malaysia setelah Thanabalan Nadarajah menjebol gawang Timnas Indonesia U-22 di semifinal SEA Games 2017 (26/8/17). Copyright: Indosport,comSelebrasi pemain Malaysia setelah Thanabalan Nadarajah menjebol gawang Timnas Indonesia U-22 di semifinal SEA Games 2017 (26/8/17).

Thanabalan menjadi mimpi buruk bagi Indonesia karena berkat gol tunggalnya di menit ke-87, Merah Putih harus mengubur mimpinya melaju ke final. Thanabalan bahkan menjadi top skor Malaysia dengan empat gol.

Picha dipilih INDOSPORT karena ia salah satu sosok sentral di balik keberhasilan Thailand menjuarai SEA Games 2017. Biasa bermain di kiri, pemain berusia 21 tahun itu bermain sangat lepas dan sigap memeluk sisi lapangan, untuk kemudian menukik ke tengah untuk melepaskan tembakan atau melakukan sodoran ke kotak penalti.

  • Depan: Nguyen Cong Phuong (Vietnam), Aung Thu (Myanmar), Septian David Maulana (Indonesia)

Bersama Thanabalan, Nguyen Cong Phuong (Vietnam) dan Aung Thu (Myanmar) adalah tiga pemain yang berhasil keluar sebagai top skor SEA Games dengan empat gol.

Sayang, keduanya gagal memberikan medali bagi negaranya. Vietnam gugur di babak penyisihan. Padahal, Nguyen Cong Phuong diprediksi bakal membobol gawang lawan lebih banyak andai lolos ke empat besar.

Pun dengan Aung Thu. Cuma faktor ketidakberuntungan saja yang menghentikan catatan golnya di angka empat. Di masa mendatang, ia bakal menjelma menjadi striker buas di Asia Tenggara.

7.9K