Bola Internasional

Darren Sidoel, Si 'Anak Betawi' Calon Bintang Ajax Amsterdam

Minggu, 3 September 2017 16:47 WIB
Penulis: Isman Fadil | Editor: Gregah Nurikhsani Estuning
© ajax1.nl
Darren Sidoel (Ajax). Copyright: © ajax1.nl
Darren Sidoel (Ajax).

Setelah Ezra Wallian, kini muncul lagi wonderkid keturunan Indonesia yang tengah berkarir di klub raksasa Liga Belanda, Ajax Amsterdam. Dia adalah Darren Sidoel yang kini memperkuat Ajax U-21 di kompetisi Jupiler League atau kasta kedua Liga Belanda.

Pemain yang berposisi sebagai full back itu baru-baru ini mencetak sebuah gol indah lewat sepakan keras untuk membantu Jong Ajax menang 2-1 atas tuan rumah SC Cambuur pada Sabtu (18/08/17) di laga perdana Jupiler League musim 2017/18. Gol tersebut ia ciptakan pada menit ke-25. Lebih spesialnya, gol tersebut merupakan gol debutnya di Jong Ajax.

"Saya datang ke area kotak penalti dan hanya berpikir untuk mencoba (menendang langsung). Saya sering berbicara dengan Bogarde (asisten pelatih Jong Ajax) bahwa saya harus lebih sering untuk menembak," tutur Darren Sidoel kepada Fox Sports.

Pada musim lalu saat masih di Ajax U-19, Sidoel sempat mengalami patah kaki dan cedera achilles tendon. Namun berkat usaha dan kerja kerasnya, Sidoel berhasil bangkit bersama Ajax U-19 dan bahkan beberapa kali masuk skuat Ajax U-19 meski hanya menjadi pemain cadangan di paruh musim kedua.

"Musim lalu saya mengalami cedera patah kaki dan achilles tendon saya robek. Saya kembali dalam waktu 14 bulan dan kembali bermain di paruh kedua musim," lanjut Sidoel.

Jalani debut dan mencetak gol di laga perdana Jupiler League adalah momen yang tak pernah dia lupakan sepanjang karier sepakbolanya. Pasalnya pada musim lalu, ia melewatkan banyak pertandingan lantaran menderita cedera parah.

© indonesianeleven
Darren Sidoel (Ajax). Copyright: indonesianelevenDarren Sidoel (kanan).

"Ini momen besar yang saya bisa buat di laga debut. Musim lalu saya sudah beberapa kali di bangku cadangan dengan skuat muda ( Ajax U-19). Bersama Jong Ajax (Ajax U-21), saya bisa melakukan debut saya dan juga telah mampu mencetak gol fantastis. Bek kanan merupakan posisi baru bagi saya dan Jupiler League merupakan kasta tertinggi di karier saya dibandingkan musim lalu. Namun saya menikmatinya," pungkas pemain 19 tahun tersebut.

Nama Darren Sidoel memang sudah mencuri perhatian bersama tim junior Ajax. Sidoel mengawali karier muda bersama Ado Den Haag di tahun 2012. Setahun kemudian ia diboyong akademi Ajax.

Tak perlu waktu lama untuk Sidoel untuk naik kasta. Dalam kurun dua tahun ia sudah naik ke level U-17 dan U-19. Sepanjang musim 2017/18 di Jupiler League, pemain bernomor punggung 2 ini sudah tampil sebanyak tiga pertandingan bersama Jong Ajax dan menjadi bagian pemain penting di skuat yang diasuh oleh Michael Reiziger.

Darren Sidoel memiliki darah Indonesia dari ayahnya yang keturunan Jawa kelahiran Suriname. Nama 'Sidoel' tentunya menggiring imajinasi kita ke cerita film di era 90-an 'Si Doel Anak Betawi' atau 'Si Doel Anak Sekolahan'. Namun, sementara ini, Sidoel masih tercatat sebagai warga negara Belanda.

9.3K