Kualifikasi Piala Dunia 2018

Jerman 6-0 Norwegia: Der Panzer Super

Selasa, 5 September 2017 04:20 WIB
Editor: Rizky Pratama Putra
 Copyright:

Babak Pertama

Jerman langsung tampil menekan Norwegia sejak awal pertandingan. Bermain di kandang sendiri tak ingin disia-siakan para pemain untuk mendapatkan tiket ke Piala Dunia 2018.

Hasilnya sudah terlihat saat Mesut Ozil mampu membuka keunggulan di menit ke-10. Berbekal umpan manis dari Jonas Hector, pemain Arsenal ini melepas sepakan first time yang sukses mengoyak gawang Norwegia.

Semenit kemudian, Jerman nyaris menambah keunggulan. Namun sepakan Toni Kroos masih melambung tinggi.

Jerman akhirnya bisa menambah keunggulan pada menit ke-15 melalui Julian Draxler. Sebuah umpan dari Ozil diakhiri dengan sebuah sentuhan manis dari pemain Paris Saint-Germain (PSG) tersebut.

Kebobolan 2 gol dalam tempo 15 menit membuat para pemain Norwegia langsung jatuh motivasi. Hasilnya, Jerman mampu kembali menjauh berkat sebuah gol dari Timo Werner enam menit berselang.

Sebuah kesalahan dari lini tengah Norwegia harus dibayar mahal. Bola mampu direbut oleh Toni Kroos yang langsung mengumpan ke tengah kotak penalti.

Bola yang mengarah kepada Muller langsung disonteknya dengan back heel untuk kembali diumpan kepada Werner. Pemain RB Leipzig ini pun dengan mudah menyontek bola untuk membuat gol ketiga bagi Die Manschaft.

Norwegia mendapat peluang pertamanya pada menit ke-25. Namun permainan individual Jo Inge Berget hanya menghasilkan tembakan melambung dari gawang Jerman.

Ozil kembali membuat peluangb berbahaya di menit ke-33 saat sudah terlepas dari penjagaan. Namun Ozil gagal menaklukkan kiper Norwegia yang sudah berhadapan dengannya.

Norwegia masih belum menyerah dan membuat peluang berbahaya di menit ke-35. Namum sundulan Skelvik masih bisa diamankan oleh Ter Stegen.

Gempuran Jerman belum berhenti, saat Werner mencetak gol keduanya lima menit sebelum laga usai. Sebuah serangan umpan manis dari Thomas Muller kembali mampu dimanfaatkan oleh Timo Werner dengan sundulannya untuk membobol gawang Norwegia.

Drama pembantaian Jerman ke gawang Norwegia pun berakhir saat wasit membunyikan peluit tanda babak pertama usai. Tuan rumah kini selangkah menuju tiket menuju Rusia.

Babak Kedua

Unggul 4 gol di babak pertama tak membuat Jerman mengendurkan serangan. Skut berjuluk Tim Panser ini tetap mengepung pertahanan lawannya.

Hasilnya berbuah lima menit babak kedua dimulai. Sebuah gol berhasil dilesakkan Leon Goretzka memanfaatkan sepakan pojok.

Timo Werner hampir saja membuat gol ketiganya pada laga ini di menit ke-62. Sayang usahanya masih gagal kerena bola memantul rekannya sendiri.

Jerman kembali membuat gol keenamnya dalam laga ini pada menit ke-79 melalui Mario Gomez. Kembali permainan dari sisi sayap menjadi kekuatan utama Jerman dalam laga ini.

Berawal dari umpan-umpan pendek, Joshua Kimmich mampu melepaskan umpan akurat. Gomez pun tak menyia-nyiakan umpan ini untuk membobol gawang Norwegia dengan kepalanya.

Sesaat sebelum laga usai, Norwegia hampir saja membuat gol. Namun usaha dari Joshua King mampu diselamatkan oleh Ter Stegen.

Hingga akhir laga tak ada lagi gol yang tercipta dan membuat Jerman berpesta di kandangnya sendiri. Jerman hanya membutuhkan satu laga lagi dengan kemenangan untuk memastikan diri lolos ke babak puncak Piala Dunia 2018.

Berikut susunan pemain kedua tim:

Jerman (4-1-4-1): 22-Marc-Andre ter Stegen; 18-Joshua Kimmich, 5-Mats Hummels, 16-Antonio Rudiger, 3-Jonas Hector; 21-Sebastian Rudy; 13-Thomas Muller, 10-Mesut Ozil, 8-Toni Kroos, 7-Julian Draxler; 11-Timo Werner.
Pelatih: Joachim Loew (Jerman)

Norwegia (4-4-2): 1-Rune Jarstein; 14-Omar Elabdellaoui, 3-Jorgen Skjelvik, 6-Havard Nordtveit, 2-Haitam Aleesami; 11-Mohammed Elyounoussi, 18-Ole Selnaes, 15-Sander Berge, 20-Mats Daehli; 23-Jo Inge Berget, 7-Joshua King.
Pelatih: Lars Lagerbaeck (Swedia)

22