PIALA AFF U-18 2017

Serba Serbi Thuwunna, Stadion Kecil Myanmar yang Akan Disambangi Garuda Nusantara

Selasa, 5 September 2017 13:29 WIB
Penulis: Annisa Hardjanti | Editor: Galih Prasetyo
 Copyright:

Malam nanti, Timnas U-19 Indonesia akan berhadapan dengan Timnas U-18 Myanmar dalam laga pembukaan Piala AFF 2017 di Stadion Thuwunna, Yangon. 

Stadion berkapasitas 32,000 kursi itu memang lebih kecil dari Stadion Aung San yang memiliki 40,000 kursi. Aung San masih menempati posisi stadion terbesar di Myanmar.

© Istimewa
Thuwunna Stadium. Copyright: IstimewaThuwunna Stadium.

Namun jika dibandingkan dengan Aung San, Thuwunna memiliki arsitektur serta kelengkapan fasilitas yang lebih maju. 

Thuwunna sendiri menjadi stadion pusat olahraga pertama di Myanmar yang memiliki delapan lintasan lari yang diakui memenuhi standar internasional oleh Asosiasi Internasional Federasi Atletik (IAAF).

Arena olahraga itu sendiri telah mendapatkan posisinya di ranah nasional dan internasional, baik di kelas sepakbola maupun olahraga atletik lainnya.

Stadion yang dibuka pada 1985 itu sempat menjadi tuan rumah dalam ajang kualifikasi grup G di AFC U-22 Asian Cup pada 2013 lalu.  

Thuwunna Youth Training Centre ini juga pernah menjadi tuan rumah dalam laga kualifikasi AFF Suzuki Cup 2012 dan pertandingan grup B pada AFF Suzuki Cup 2016. 

© Myanmar Football Federation
Skuat Myanmar. Copyright: Myanmar Football FederationSkuat Myanmar.

Tim Nasional Sepakbola Myanmar menjadikan stadion Thuwunna sebagai tempat latihan mereka setelah sebelumnya mereka berlatih di Aung San. 

Hal tersebut dikarenakan stadion Aung San dianggap kurang mereprensentasikan Myanmar dalam laga-laga internasional. 

603