Eks Kiper Persib Bandung Pensiun dari Timnas Thailand

Rabu, 6 September 2017 08:58 WIB
Penulis: Isman Fadil | Editor: Yohanes Ishak
 Copyright:

Mantan penjaga gawang Persib Bandung, Sinthaweechai Hathairattanakool, memutuskan pensiun dari Timnas Thailand usai melakoni laga pamungkas Grup B Kualifikasi Piala Dunia 2018 melawan Australia. 

Kiper yang akrab dipanggil Kosin itu langsung diturunkan sejak awal saat menghadapi Australia Namun, pada laga terakhir kiper 35 tahun bersama The War elephants harus menderita kekalahan. Thailand dipaksa menyerah dengan skor 1-2  oleh The Socceroos di AAMI Park, Melbourne, Selasa 5 September 2017.  Total, Kosin sudah mencatatkan 86 penampilan bersama Thailand sejak debut pada 2004 lalu.

"Sinthaweechai Hathairattanakool (35 tahun) mengumumkan pensiun dari Timnas Thailand," tulis akun @TLeagueTransfer.

Kosin sempat bermain untuk Persib pada musim 2005/06. Semusim membela Persib, dengan waktu singkat Kosin langsung menjadi pujaan para bobotoh. Tercatat, di musim tersebut, terhitung 33 kali Kosin pernah menjaga gawang Maung Bandung.

Tahun 2007, Kosin kembali ke Thailand, dia bergabung dengan Chonburi dan berhasil memenangkan gelar liga dengan klub berjuluk The Sharks tersebut. 

© INTERNET
Caption Copyright: INTERNETSinthaweechai Hathairattanakool saat berseragam Persib

Dua tahun di Thailand, Kosin kembali lagi ke Persib dengan status pemain pinjaman. Kesempatan ini tidak disia-siakan oleh Kosin. Di musim keduanya nersama Pangeran Biru, Kosin tampil sebanyak 14 laga pada putaran pertama Indonesia Super League (ISL). 

Namun pada akhirnya, kiper kelahiran Sakon Nakhon, Thailand tersebut harus kembali ke negara asalnya untuk menjalani wajib militer. Kemenangan 6-1 Persib melawan Persik Kediri pada 26 Januari 2010 menjadi kado perpisahan manis untuk Kosin, yang tampil terakhir kali bersama Maung Bandung.

1