Alasan Gawang Filipina Dihujani Sembilan Gol Terkuak

Jumat, 8 September 2017 21:47 WIB
Penulis: Zainal Hasan | Editor: Gregah Nurikhsani Estuning
 Copyright:

Mantan pelatih Timnas Filipina, Simon McMenemy angkat bicara terkait kekalahan telak Timnas Filipina U-19. Baginya kekalahan tersebut karena memang tidak adanya pembinaan usia muda di federasi sepakbola Filipina.

Timnas Filipina U-19 memang baru saja menelan kekalahan telak di ajang penyisihan grup B Piala AFF U-18. Pasukan muda The Azkals dipukul telak dengan sembilan gol tanpa balas oleh Indonesia.

Kekalahan ini pun mendapat tanggapan dari mantan pelatih Timnas senior Filipina, Simon McMenemy. Alasan pembinaan menjadi dasar alasan kekalahan Filipina.

© Bhayangkara FC
Caption Copyright: Bhayangkara FCSimon McMenemy.

"Saya tidak terkejut dengan kekalahan besar Filipina kemarin. Di sana itu tidak ada pembinaan usia muda seperti di Indonesia," ucap Simon saat ditemui di Stadion Patriot Candrabhaga, Kota Bekasi, Jumat (08/09/17).

Simon yang menjadi pelatih Timnas Filipina pada tahun 2010 silam ini menilai pemain muda yang dipanggil hanya anak-anak SMA. Baginya federasi sepakbola Filipina hanya mengambil langkah pintas dengan menaturalisasi pemain untuk sepakbola mereka.

"Jadi di sana itu lebih gemar naturalisasi. Lihat saja Timnas senior mereka banyak pemain naturalisasinya."

"Sementara untuk pemain mudanya tidak disediakan pembinaan," tutup dia.

5.3K