Piala AFF U-18 2017

Diterpa Jadwal Padat di Piala AFF U-18, Begini Reaksi Indra Sjafri

Kamis, 14 September 2017 18:48 WIB
Penulis: Petrus Manus Da' Yerimon | Editor: Arum Kusuma Dewi
© Ian Setiawan/INDOSPORT
Pelatih Timnas U-19,  Indra Sjafri. Copyright: © Ian Setiawan/INDOSPORT
Pelatih Timnas U-19, Indra Sjafri.

Pelatih Timnas Indonesia U-19, Indra Sjafri mengakui jadwal yang mepet dan sangat padat di kejuaraan Piala AFF U-18 tahun ini memang menguras energi para pemainnya. Akan tetapi, mantan pelatih Bali United itu menjelaskan sudah berkoordinasi dengan tim medis agar mencari cara untuk secepatnya memulihkan kondisi pemain terutama kondisi fisik.

"Kita akui jadwal di turnamen ini memang padat, jadi kami ingin kebugaran anak-anak secepatnya kembali lagi. Yang cedera, hari ini ditangani secepatnya tim medis, karena kami ingin semua pemain besok bisa berada dalam kondisi terbaik," tutur Indra Sjafri.

© Twitter@berita9com
Selebrasi pemain Timnas Indonesia U-19. Copyright: Twitter@berita9comSelebrasi pemain Timnas Indonesia U-19.

Padatnya jadwal di Piala AFF U-18 tahun ini memang terlihat semenjak babak penyisihan grup. Setiap tim peserta bahkan harus bertanding dua kali dalam kurun waktu tiga hari. Artinya setiap tim hanya punya waktu sehari untuk beristirahat dan memulihkan kondisi para pemain.

Hal itu pula yang membuat pelatih Indra Sjafri memutuskan Skuat Garuda Nusantara hanya menjalani sekali latihan pada hari ini, Kamis (14/09/17), itu pun dengan catatan latihan ringan dan lebih fokus pada recovery pemain.

© PSSI
Indra Sjafri saat memberikan wejangan kepada skuat Timnas U-19. Copyright: PSSIIndra Sjafri saat memberikan wejangan kepada skuat Timnas U-19.

Selanjutnya, Timnas Indonesia U-19 akan bermain di babak semifinal melawan Thailand pada Jumat (15/09/17) nanti, dan pelatih Indra Sjafri menyatakan tetap menghormati siapapun yang menjadi lawan Skuat Garuda Nusantara. Meski sudah mengantongi kekuatan Thailand, pelatih asal Padang, Sumatera Barat itu mengingatkan anak asuhnya tetap menjaga mental, kosentrasi, dan kondisi fisik jelang laga esok sore nanti.

"Terkait kelebihan dan kekurangan Thailand, yang jelas semua tim yang kita hadapi, kami harus respek. Saat ini pembinaan usia muda di semua negara di ASEAN sudah berjalan sudah baik. Laga besok kami harus siap, secara taktikal, fisik kebugaran, mental," tutup Indra Sjafri.

648