4 Aspek Jadi Kekuatan Timnas U-16 di Kualifikasi Piala Asia U-16 2018

Jumat, 15 September 2017 14:21 WIB
Penulis: Muhammad Adiyaksa | Editor: Arum Kusuma Dewi
© Muhammad Adiyaksa/INDOSPORT
Potret Timnas U-16 sebelum berangkat ke Thailand untuk jalan kualifikasi Piala AFC U-16. Copyright: © Muhammad Adiyaksa/INDOSPORT
Potret Timnas U-16 sebelum berangkat ke Thailand untuk jalan kualifikasi Piala AFC U-16.

Persiapan menyeluruh terus diperhatikan oleh Tim Nasional (Timnas) Indonesia U-16 sebelum bermain di Kualifikasi Piala Asia U-16 2018, 16-29 September 2017. Oleh karena itu, pelatih tim berjuluk Garuda Asia, Fakhri Husaini menuturkan telah mematangkan empat aspek.

Menurut Fakhri, armadanya bakal fokus berjuang di turnamen nanti. Persiapan selama tujuh bulan sejak Februari 2017 menjadi bekal berharga Rendy Juliansyah dan kolega.

© Dewo/PSSI
Fakhri Husaini saat menyusun formasin bersama dua pemain Timnas U-16. Copyright: Dewo/PSSIFakhri Husaini saat menyusun formasi bersama dua pemain Timnas U-16.

“Aspek teknik, taktik, fisik, dan mental seluruh pemain sudah siap untuk tampil di Kualifikasi Piala Asia U-16 2018. Saya berharap, semangat berlatih selama di Kompleks Kopassus bisa menular di pertandingan nanti,” ucap Fakhri.

Garuda Asia selama kurang lebih tiga bulan telah mematangkan ketiga aspek itu di Lapangan Atang Sutresna, Cijantung, Jakarta Timur. Lokasi tersebut berada di Kompleks Kopassus. Gemblengan ala TNI diharapkan dapat memacu Timnas U-16 untuk membawa harum nama bangsa di kancah sepakbola Asia.

Pada turnamen nanti, Timnas U-16 akan berkekuatan 23 pemain. Pada tahap pemusatan latihan terakhir, Fakhri mencoret tiga personel, yaitu, Havidz Fauzan Muzaki, M. Rafiq Ramdani, dan Althaf Indie Alrizky.

© PSSI
Timnas U-16. Copyright: PSSITimnas U-16.

“Aspeknya tetap empat, saya memilih atau tidak memilih pemain itu aspeknya empat, fisik, taktik, teknik, mental. Artinya, pemain-pemain yang kami kembalikan karena kalah bersaing di empat aspek itu,” beber arsitek berusia 53 tahun itu.

Garuda Asia tergabung pada Grup G bersama tuan rumah Thailand, Kepulauan Mariana Utara, Laos, dan Timor Leste. Melawan Kepulauan Mariana Utara akan menjadi partai pembuka Timnas U-16 pada Sabtu (16/09/17) di Stadion Rajamangala, Bangkok.

1