Liga 1

Aji Santoso Bongkar Penyebab Kekalahan Persela dari Arema

Minggu, 17 September 2017 00:14 WIB
Kontributor: Ian Setiawan | Editor: Ivan Reinhard Manurung
© Ian Setiawan/Indosport
Aji Santoso, pelatih Persela Lamongan. Copyright: © Ian Setiawan/Indosport
Aji Santoso, pelatih Persela Lamongan.

Aji Santoso menandai debutnya dalam melatih Persela Lamongan dengan hasil tak memuaskan. Kekalahan 0-2 di markas Arema FC menajdi hasil pertama yang ditorehkan Aji, pasca kembali menangani tim berjulukan Laskar Joko Tingkir itu.

Kendati gagal mencuri poin, namun Aji tetap memberi apresiasi terhadap kerja keras pemainnya sepanjang 90 menit.

© Grafis: Eli Suhaeli/INDOSPORT
Hasil pertandingan Arema FC vs Persela Lamongan. Copyright: Grafis: Eli Suhaeli/INDOSPORTHasil pertandingan Arema FC vs Persela Lamongan.

"Secara permainan kami bisa mengimbangi Arema. Beberapa peluang tapi belum menghasilkan gol," tutur Aji Santoso selepas laga.

Aji pun menyebut kekalahan tim asuhannya juga dipengaruhi oleh tak komplitnya komposisi pemain. Dua andalan serangan, Ivan Carlos dan Kosuke Yamazaki harus absen lantaran cedera.

"Cukup disayangkan dengan absennya beberapa pemain kunci kami. Tapi ini sudah hasil maksimal yang diberikan pemain," ungkapnya.

© Ian Setiawan/INDOSPORT
Choirul Huda dkk melemparkan tatapan kosong atas kekalahan kedua di kandang sendiri. Copyright: Ian Setiawan/INDOSPORTChoirul Huda dkk melemparkan tatapan kosong saat kalah dalam pertandingan.

Selaras kemudian, Aji juga menilai kekalahan Persela lantaran faktor kesalahan elementer. Pemainnya disebut masih sering melakukan kesalahan mendasar, terutama menyangkut dua gol kemenangan Arema.

Gol pertama Arema yang dibukukan Syaiful Indra Cahya, terjadi melalui kemelut di muka gawang Choirul Huda usai sepak pojok Adam Alis. Sedangkan gol kedua tercipta melalui eksekusi tendangan bebas Esteban Vizcarra di menit ke-67.

Dan kesalahan Choirul Huda dalam membendung set piece Vizcarra itu lah menjadi puncak keresahan Aji dengan menarik penjaga gawang senior itu dengan Ferdiansyah.

© INDOSPORT/Ghozi El Fitra
Pelatih Arema FC, Aji Santoso saat memberikan instruksi. Copyright: INDOSPORT/Ghozi El FitraAji Santoso saat memberikan instruksi.

"Bola itu seharusnya bisa ditangkap. Tapi mungkin sudut pandang yang terhalangi atau bagaimana, bola itu akhirnya masuk," ulasnya.

"Saya gantikan Huda karena memang sudah banyak gol yang bersarang ke gawang kami. Selain itu, kondisi Ferdi juga sedang fit," tambah Aji.

Atas kekalahan dari Singo Edan tersebut, Persela kini masih terjebak di papan bawah klasemen sementara Liga 1. Berada di peringkat 14 dengan catatan 27 poin, Persela hanya berselisih lima poin saja dari Perseru Serui yang berada di zona degradasi.

356