Dua Kali Runner Up, Malaysia Pede Akan Jadi Tim yang Ditakuti

Senin, 18 September 2017 15:50 WIB
Editor: Arum Kusuma Dewi
© @MFFMYANMAR
Skuat Timnas Malaysia U-19. Copyright: © @MFFMYANMAR
Skuat Timnas Malaysia U-19.

Timnas Malaysia junior sukses menembus babak final dua kejuaraan bergengsi Asia Tenggara, yakni U-22 di ajang SEA Games 2017 dan Piala AFF U-18 2017. Meskipun di babak akhir, kedua tim takluk dari Thailand, 0-1 di final SEA Games dan 0-2 di Piala AFF U-18.

Melihat hasil ini, Menteri Pemuda dan Olahraga Malaysia, Khairy Jamaluddin, optimistis dengan masa depan Timnas Malaysia. Khairy menyatakan bahwa kesuksesan mereka adalah bukti perkembangan positif dari pembinaan sepakbola usia muda.

© MyNewsHub
Menteri Pemuda dan Olahraga Malaysia, Khairy Jamaluddin. Copyright: MyNewsHubMenteri Pemuda dan Olahraga Malaysia, Khairy Jamaluddin.

"Saya ingin mengucapkan selamat kepada tim sepakbola U-19 yang telah lolos ke final Piala AFF U-18. Jika kita melihat kesuksesan tim muda kita, terutama tim U-22 yang lolos ke Piala AFC U-23 dan memenangkan medali perak SEA Games," tutur Khairy, dikutip dari Utusan Malaysia.

Khairy lantas menyanjung pelatih timnas U-23, Ong Kim Swee, pelatih U-19 Bojan Hodak, dan pelatih Program Pembangunan Bola Sepak Negara (PPBN), Lim Tiong Kim sebagai pihak-pihak yang berjasa besar dalam memoles para pesepakbola muda.

"Jika talenta muda ini terpelihara dengan baik oleh Kim Swee, Hodak, dan Tiong Kim, masa depan sepakbola Malaysia akan cerah," tegasnya.

© ESPN
Timnas Malaysia pastikan tiket semifinal SEA Games 2017 cabor sepakbola. Copyright: ESPNTimnas Malaysia di SEA Games 2017.

"Jika Anda bisa meningkatkan kemampuan para pemain, saya pikir skuat senior bisa menjadi tim yang ditakuti dalam lima tahun ke depan," tandas Khairy.

470