Piala AFF U-18 2017

Tampil Menggila di AFF U-18, Manajer Timnas U-19 Beri Pesan Berharga

Senin, 18 September 2017 06:16 WIB
Penulis: Petrus Manus Da' Yerimon | Editor: Ivan Reinhard Manurung
 Copyright:

Timnas Indonesia U-19 tampil luar biasa di Piala AFF U-18 2017 meski tidak keluar sebagai juara. Hal itu tidak lepas dari permainan kolektif yang berujung pada produktifitas gol yang di luar dugaan yakni mencetak 26 gol dan hanya lima kali kebobolan dalam enam pertandingan yang dijalani.

Catatan tersebut pun membuat manajer Timnas U-19, Roni Fauzan angkat bicara. Pengusaha asal Kalimantan tersebut tidak lupa mengucap syukur meski Timnas U-19 hanya meraih peringkat ketiga di Piala AFF U-18 tahun ini.

Baginya, para pemain sudah bermain luar biasa terutama saat mempermalukan tuan rumah, Myanmar dengan skor 7-1 pada laga perebutan tempat ketiga, Minggu (17/09/17) sore kemarin.

© PSSI
Rafli Nursalim dan Samuel Christianson Simanjuntak tengah menghalau pemain Myanmar. Copyright: PSSIRafli Nursalim dan Samuel Christianson Simanjuntak tengah menghalau pemain Myanmar.

"Alhamdulillah kami meraih peringkat tiga di Piala AFF U-18 2017. Anak-anak bermain luar biasa dan ciamik hari ini, apresiasi tinggi patut diberikan kepada mereka," ujar Roni Fauzan.

Selanjutnya, manajer Timnas U-19 itu juga mengajukan permintaan sekaligus pesan pada semua pemain Skuat Garuda Nusantara agar tidak boleh cepat berpuas diri.

Ia juga meminta Egy Maulana Vikri dkk mulai mengalihkan fokus pada ajang berikutnya yakni kualifikasi Piala Asia U-19 di Korea Selatan di Oktober nanti.

© PSSI
Rafli Nursalim tangah melakukan selebrasi bersama 	Irsan Rahman Lestaluhu. Copyright: PSSIRafli Nursalim tangah melakukan selebrasi bersama Irsan Rahman Lestaluhu.

Namun, sebagai catatan,  keikutsertaan Timnas U-19 di kualifikasi Piala Asia U-19 semata-mata untuk memberikan pengalama pada pemain. Pasalnya Indonesia sudah dipastikan bermain di putaran final tahun depan karena menjadi tuan rumah Piala Asia U-19.

"Selanjutnya saya minta anak-anak fokus di Kualifikasi AFC U19 di Korea akhir bulan Oktober mendatang," tutur Roni Fauzan.

"Kami ingin mereka tampil lebih baik lagi dan jangan pernah cepat puas karena masa depan mereka masih panjang. Terima kasih atas doa dan dukungan rakyat Indonesia kepada kami, maaf kami belum bisa menjadi juara," tutupnya.

Selain meraih peringkat ketiga, Timnas Indonesia U-19 juga menempatkan nama Egy Maulana Vikri sebagai topskor Piala AFF U-18 dengan torehan delapan gol dari enam pertandingan. Winger lincah Skuat Garuda Nusantara itu menyingkirkan stiker Myanmar, Win Naing Tun yang mencetak tujuh gol.

929