Kualifikasi Piala Asia U-16 2018

Alasan Fakhri Tarik Eks Kapten Timnas U-16 di Paruh Kedua Melawan Timor Leste

Selasa, 19 September 2017 05:04 WIB
Penulis: Muhammad Adiyaksa | Editor: Ivan Reinhard Manurung
© PSSI
Skuat Timnas Indonesia U-16 kontra Timor Leste. Copyright: © PSSI
Skuat Timnas Indonesia U-16 kontra Timor Leste.

Penampilan Brylian Aldama masih belum terlalu memuaskan sejauh ini. Gelandang Tim Nasional (Timnas) Indonesia U-16 tersebut masih minim menit bermain di Kualifikasi Piala Asia U-16 2018.

Teranyar, Brylian hanya tampil selama setengah pertandingan pada partai kedua Timnas U-16 melawan Timor Leste, Senin (18/09/17) kemarin. Perannya digantikan oleh Hamsa Lestaluhu, pemain yang baru saja sembuh dari cedera.

© PSSI
Timnas Indonesia U-16 Merayakan Gol ke Gawang Timor Leste Copyright: PSSITimnas Indonesia U-16 Merayakan Gol ke Gawang Timor Leste.

Pemain berusia 15 tahun tersebut merupakan kapten Garuda Asia, julukan Timnas U-16, di ajang Piala AFF U-15 pada Juli 2017 lalu. Namun untuk turnamen kali ini, status pemimpin rekan-rekannya di atas lapangan berpindah kepada David Maulana.

Pelatih Timnas U-16, Fakhri Husaini menjelaskan alasan dirinya menarik Brylian usai jeda turun minum. Menurutnya, pemain kelahiran Sidoarjo, Jawa Timur tersebut tidak banyak terlibat dengan permainan tim di paruh pertama.

“Brylian diganti karena performanya kurang baik untuk mengisi lini tengah kami dan kurang memberikan kontribusi di tengah lapangan. Seperti yang kita ketahui bahwa sektor tengah adalah bagian penting sebagai penyeimbang serangan dan pertahanan sebuah tim,” ujar Fakhri dalam rilis yang diterima INDOSPORT.

© Ginanjar/INDOSPORT
Caption Copyright: Ginanjar/INDOSPORTPelatih Timnas U-16, Fakhri Husaini.

Fakhri mengakui timnya tidak menampilkan kualitas sesungguhnya di babak pertama. Mereka tertinggal satu gol dari Timor Leste. Sebelum, melakukan comeback dengan gaya lewat tiga gol di paruh kedua.

“Walaupun begitu, masih banyak beberapa kesalahan yang anak-anak perbuat di babak pertama terutama di sisi tengah lapangan dan itu menjadi bahan evaluasi kami nanti,” paparnya.

Saat ini, Indonesia sendiri berada di posisi puncak klasemen Grup G Piala Asia U-16 2018 dengan koleksi enam poin. Tempat kedua sendiri ditempati oleh Thailand dengan catatan tiga poin.

811