Kualifikasi Piala Asia U-16

Timnas U-16 Waspadai Rotasi Pemain dan Perubahan Taktik Thailand

Selasa, 19 September 2017 16:57 WIB
Penulis: Petrus Manus Da' Yerimon | Editor: Arum Kusuma Dewi
© PSSI
Timnas Indonesia U-16 selebrasi. Copyright: © PSSI
Timnas Indonesia U-16 selebrasi.

Timnas Indonesia U-16 akan menghadapi lawan sepadan pada laga ketiga Grup G kualifikasi Piala Asia U-16 yakni Thailand, Rabu (20/09/17). Karenanya pelatih Skuat Garuda Asia, Fakhri Husaini menyatakan ada satu hal yang mesti diwaspadai anak asuhnya saat kedua tim berjumpa esok hari.

Fakhri menyadari Thailand bisa saja mengubah gaya permainan meski pada laga melawan Kepulauan Mariana Utara, tim muda Negeri Gajah Putih itu masih menampilkan pola yang sama.

© Internet
Timnas U-16 Thailand Copyright: InternetTimnas U-16 Thailand.

"Kami sudah pernah bermain melawan Thailand saat di piala AFF bulan Juli kemarin, dan saat itu kami hanya kalah 0-1. Kami sangat paham pastinya pelatih mereka bisa saja mengubah permainannya saat nanti melawan kami. Itu wajar, karena pelatih pasti punya beberapa opsi taktik," ujar Fakhri Husaini.

Selain perubahan gaya bermain, Fakhri Husaini juga melihat akan ada rotasi pemain yang dilakukan Thailand. Demi mencuri poin, tim lawan diyakini akan menurunkan pemain terbaik sebab beberapa di antaranya diistirahatkan kala Thailand menang 10-0 atas Kep. Mariana Utara. Pencetak tiga gol ke gawang Mariana Utara juga dinilai bakal menyulitkan jika tidak dijaga ketat oleh pemain Timnas Indonesia U-16.

"Yang saya lihat kemarin, saat mereka melawan Kep. Mariana Utara adalah bahwa komposisi pemain mereka tidak banyak berubah. Meski mereka hanya menang 10-0 tetap kami harus waspadai semua pemain dan permainan mereka. Ada pemain mereka yang disimpan kemarin. Kemudian pemain yang mencetak hattrick kemarin juga harus kami waspadai," tegasnya.

Untuk itu, Fakhri mengingatkan anak asuhnya agar bermain tenang dan fokus kala melawan Thailand. Ia menegaskan agar pemain muda Indonesia harus respek terhadap semua lawan di Grup G, jika tidak hal itu bisa saja menjadi bumerang dan merugikan Timnas U-16.

© Dewo/PSSI
Fakhri Husaini saat menyusun formasin bersama dua pemain Timnas U-16. Copyright: Dewo/PSSIFakhri Husaini saat menyusun formasi bersama dua pemain Timnas U-16.

Selain itu, pelatih Timnas Indonesia U-16 juga tidak lupa meminta doa dan dukungan dari masyarakat Tanah Air agar Timnas U-16 diberikan kelancaran dan kemudahan sehingga bisa meraih hasil terbaik.

"Tetapi pada akhirnya, saya katakan ke pemain untuk menghargai semua lawan kami di turnamen ini. Jangan ada pemain yang sedikit pun meremehkan lawan, itu akan sangat membahayakan permainan tim," ucap Fakhri Husaini.

"Jadi saya mohon doa dan dukungan suporter Indonesia di Tanah Air dan juga yang berada di Thailand. Semoga kami bisa mempersembahkan kemenangan saat melawan Thailand nanti," tutupnya.

104