Persib 1-1 Bhayangkara FC: Tetap Nyaman di Puncak Klasemen

Minggu, 24 September 2017 17:16 WIB
Editor: Gregah Nurikhsani Estuning
© Arief R/INDOSPORT
Selebrasi para pemain Bhayangkara FC menyambut gol dari Paolo Sergio Copyright: © Arief R/INDOSPORT
Selebrasi para pemain Bhayangkara FC menyambut gol dari Paolo Sergio

Skor akhir 1-1 mewarnai laga seru antara Persib Bandung melawan Bhayangkara FC. Dua gol indah terhias di 90 menit laga berjalan, yang memaksa kedua kesebelasan harus puas dengan satu poin saja.

Babak I

Maung Bandung menerapkan formasi 4-2-3-1, memaksimalkan kreativitas Febri Hariyadi dan Raphael Maitimo untuk menyuplai Shohei Matsunaga yang tampil sebagai ujung tombak.

Sementara tim tamu mengandalkan tuah Ilija Spasojevic di lini depan. Ia ditopang oleh Paolo Sergio, Ilham Udin, Wahyu dan Evan Dimas di belakangnya.

© Arief R/INDOSPORT
Evan Dimas berhadapan dengan pemain Febri Hariyadi, pemain Persib Bandung. Copyright: Arief R/INDOSPORTEvan Dimas berhadapan dengan pemain Febri Hariyadi, pemain Persib Bandung.

Di 10 menit pertama, Persib tampil lebih dominan atas tamunya. Maitimo sempat memberikan ancaman di menit 4, dilanjutkan shooting dari Dado tiga menit berselang ke gawang Awan Setho.

Bhayangkara bermain lebih sabar, memanfaatkan solidnya lini tengah yang menghubungkan Evan Dimas dengan Sergio. Lee Yoo-jon sesekali melakukan tendangan jarak jauh, namun kedua tim masih bermain imbang hingga menit 20.

Nampak ada gap antara gelandang ke lini depan, semacam putus, di mana aliran bola acap kali terhenti sebelum memasuki kotak penalti lawan. Alhasil, serangan-serangan yang dibangun Michael Essien selalu kandas.

Asyik menyerang, Bhayangkara akhirnya sanggup membuka skor lebih dulu. Sergio yang menjadi pivot di belakang Spasojevic lepas dari kawalan pemain bertahan Persib dan dengan sempurna melepaskan tembakan keras yang gagal dihadang oleh M. Natshir.

Setelah gol tersebut, belum ada tanda-tanda Bhayangkara mengendurkan tekanan. Sebaliknya, bermain tanpa Ezechiel N'Douassel membuat Persib kesulitan menembus pertahanan lawan.

Di lima menit jelang turun minum, Persib baru bisa lepas dari sergapan pemain Bhayangkara. Namun peluang demi peluang gagal mengubah skor. Tim tamu unggul 0-1 atas tuan rumah di babak pertama.

Babak II

 

FT : Persib 1-1 Bhayangkara FC Gimana komentarnya? #Liga1 #Persib #BhayangkaraFC

A post shared by indosport.com (@indosportcom) on

Tak ada pergantian pemain di awal babak kedua. Simon McMenemy, pelatih Bhayangkara FC, nampak begitu optimistis pemain yang ada sanggup mempertahankan konsistensi permainan seperti di babak pertama.

Peluang terjadi di menit 48 kala Maitimo memanfaatkan bola muntah. Namun sepakkannya masih bisa ditangkap oleh Awan Setho.

Beberapa menit berselang, Supardi masuk menggantikan Wildansyah. Bek kiri itu memang kerap kali kecolongan sehingga Supardi diharapkan bisa memperbaiki lemahnya sisi tersebut.

© Arief R/INDOSPORT
Shohei Matsunaga, pemain Persib Bandung. Copyright: Arief R/INDOSPORTShohei Matsunaga, pemain Persib Bandung.

Menit 60, Essien nyaris mengubah skor andai sontekkannya tak menerpa tiang gawang. Pun dengan kerja sama Henhen serta Febri enam menit kemudian yang masih dihalau bek Bhayangkara.

Kesialan berlanjut ketika tendangan Matsunaga juga menerpa tiang gawang menit 68. Namun peluang demi peluang yang didapat Persib membuat Bobotoh semakin bersemangat menanti gol penyama kedudukan.

Akhirnya, kebuntuan pecah seketika Essien dengan cerdik membelokkan bola hasil operan Maitimo menembus ketatnya gawang Awan Setho sepanjang pertandingan.

Skor 1-1 tak berubah di sisa pertandingan. Hasil ini membuat Bhayangkara FC sementara mengoleksi 53 poin, terpaut empat poin dari Bali United di posisi kedua.

Sementara Persib Bandung makin sulit mengejar setidaknya lima besar karena dengan begini mereka berjarak 10 poin dari Madura United di posisi ke-5.

679